Tingkat Pengangguran Maret Australia Turun Terendah 2,5 Tahun

482

Tingkat pengangguran Australia secara tak terduga jatuh ke level terendah dalam 2,5 tahun di bulan Maret, mencerminkan peningkatan kepercayaan bisnis dan sinyal bagi bank sentral Australia tidak mungkin untuk melakukan pelonggaran kebijakan dalam waktu dekat.

Tingkat Pengangguran turun menjadi 5,7% dari 5,8% sebelumnya, sedangan prediksi ekonom ada pada 5,9%. Demikian rilis yang disampaikan Biro Statistik Australia, Kamis (14/04).

australia-unemployment-rate (1)

Untuk penciptaan pekerjaan naik 26.100 dari bulan Februari, perkiraan ekonom adalah 17.000.

Pekerjaan Penuh waktu turun 8.800, sedangkan pekerjaan paruh waktu naik 34.900

Tingkat partisipasi, ukuran angkatan kerja sebagai bagian dari populasi, mencatatkan hasil di 64,9%, sedangkan prediksi ekonom pada 65%.

australia-employment-change

Penguatan pasar tenaga kerja adalah dukungan untuk Perdana Menteri Malcolm Turnbull, yang sedang berjuang dalam jajak pendapat dalam pemilihan umum. Ini juga sebagai bukti lebih lanjut bahwa suku bunga rekor rendah membantu kebangkitan di industri seperti konstruksi, pariwisata dan pendidikan. Namun, prospek investasi bisnis masih lemah dan prospek yang lemah di Tiongkok, mitra dagang terbesar Australia.

Pedagang harga memperkirakan hanya kesempatan 16 persen untuk kenaikan suku bunga bulan depan, kurang dari setengah tingkat perkiraan dua hari lalu.

Australia berjuang dengan dampak dari harga lemah untuk ekspor komoditas utama karena kendurnya permintaan Tiongkok dan pembukaan tambang baru meningkatkan pasokan. Reserve Bank of Australia memangkas suku bunga acuan untuk 2 persen pada Mei tahun lalu dan mata uang telah menurun tajam sampai pertengahan Januari, memberikan bantuan lebih lanjut untuk eksportir.

Pada tingkat negara, keuntungan kerja yang mengejutkan dipimpin oleh Australia Barat, pusat industri pertambangan nasional, menambahkan 16.600 pekerjaan. Negara bagian selatan Victoria, yang telah mengalami keuntungan dari konstruksi perumahan, adalah berikutnya dengan 10.600. New South Wales, menikmati lonjakan perumahan pribadi, memiliki peningkatan terbesar ketiga dengan 4.800. Queensland, yang juga memiliki tambang yang luas, menyebabkan jatuh, kehilangan 15.500 pekerjaan.

Lihat : Keyakinan Konsumen April Australia Merosot Terendah 7 Bulan

Sementara itu, tugas para pembuat kebijakan Australia untuk mencari petunjuk ekonomi untuk masa depan setelah persoalan tambang telah tertekan oleh gejolak keuangan di Tiongkok dan kebijakan moneter global seperti tarif negatif di Eropa dan Jepang untuk awal siklus pengetatan di Federal Reserve.

Sebuah rintangan lebih lanjut terjadi dengan rebound di Aussie, yang naik lebih dari 7 persen pada Maret menjadi pemain terbaik dalam kelompok 10 mata uang utama bulan itu. Gubernur RBA Glenn Stevens, dalam keterangannya menyusul keputusan 5 April untuk mempertahankan suku bunga tetap, memperingatkan: “kenaikan nilai tukar bisa menyulitkan penyesuaian yang berlangsung dalam perekonomian.”

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here