Garuda Hemat 700 Miliar, Kekuatan Saham GIAA Terpangkas

303

Pergerakan saham PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) yang fantastis sejak akhir pekan lalu hingga berhasil menyentuh posisi saham tertinggi dalam 1 tahun pada perdagangan hari Rabu (13/04), terhenti oleh profit taking lokal pada perdagangan hari Kamis (14/04) kemarin. Aksi investor lokal tersebut terus berlanjut hingga akhir perdagangan pekan ini, sehingga membuat saham bergerak negatif meski sempat dibuka positif.

Maskapai penerbangan yang baru saja mendapat penghargaan dari lembaga  pemeringkat penerbangan global  Inggris (Skytrax) sebagai maskapai penerbangan bintang lima dunia tanggal 17 Februari lalu mengumumkan pendapatan operasional periode Januari-Februari 2016 yang menurun dibandingkan tahun sebelumnya.

Dari laporan tersebut, dalam 2 bulan pertama tahun ini GIAA mendapatkan  hanya US$447,85 miliar  sedang periode yang sama tahun 2015 mencapai US$503,61 juta. Selain itu program quick wins GIAA dalam periode tersebut berhasil  menurunkan beban operasional  menjadi US$445,96 juta sedangkan periode serupa tahun sebelumnya US$499,97 juta.  Dalam rupiah beban turun sekitar Rp700 miliar.

Menilik kabar dari lantai bursa perdagangan saham pada Jumat (15/04) saham GIAA  dibuka  kuat pada level 530 dari  penutupan perdagangan sebelumnya berada pada level 525. Hingga saat ini bergerak negatif  oleh tekanan jual lokal dengan volume perdagangan saham sudah mencapai 520 lot saham.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham GIAA sebelumnya bergerak bearish dengan indikator  MA masih bergerak naik  dan Stochastic turun ke area tengah. Sementara itu indikator Average Directional Index terpantau bergerak naik dengan  +DI yang  bergerak turun menunjukkan koreksi lanjutan, dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya  diprediksi rekomendasi trading hari ini pada target level resistance di level 545 hingga target support di level 515.
 

 

Lens Hu/VMN/VBN/ Senior Analyst at Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here