Inflasi AS Hampir Tidak Naik, Memperlambat Kenaikan Suku Bunga

266

Inflasi AS hampir tidak naik pada bulan Maret, menunjukkan pentingnya kehati-hatian Federal Reserve AS untuk menaikkan suku bunga AS dalam waktu dekat.

Latar belakang inflasi rendah yang terjadi meskipun pengetatan kondisi pasar tenaga kerja, ditegaskan oleh data lain pada hari Kamis menunjukkan jumlah orang Amerika yang mengajukan tunjangan pengangguran kembali pada 42,5 tahun rendah pekan lalu.

Departemen Tenaga Kerja mengatakan Indeks Harga Konsumen naik 0,1 persen bulan lalu sebagai rebound harga bensin sebagian diimbangi oleh penurunan biaya makanan.

Biaya perawatan dan perumahan medis juga mundur pada Maret, setelah kenaikan kuat dalam dua bulan sebelumnya.

CPI turun 0,2 persen pada Februari. Dalam 12 bulan sampai Maret, CPI naik 0,9 persen setelah naik 1,0 persen pada Februari. Para ekonom telah memperkirakan CPI naik 0,2 persen bulan lalu dan naik 1,1 persen dari tahun lalu.

CPI inti, yang mengeluarkan biaya makanan dan energi, naik tipis 0,1 persen setelah dua bacaan bulanan yang kuat. Peningkatan bulan Maret di CPI inti adalah yang terkecil sejak Agustus dan diikuti kenaikan 0,3 persen pada Februari.

Dalam 12 bulan sampai Maret, CPI inti naik 2,2 persen setelah naik 2,3 persen pada Februari.

The Fed memiliki target inflasi 2 persen dan melacak ukuran inflasi yang berjalan di bawah CPI inti. Ketua Fed Janet Yellen baru-baru ini menyatakan keraguan tentang keberlanjutan keuntungan yang luas di harga dan mengatakan ia percaya bahwa “sementara” faktor berada di balik kenaikan harga.

Komite pengaturan kebijakan Fed bertemu pada 26-27 April. Perkiraan kenaikan suku bunga pada pertemuan bulan ini telah hampir dieliminasi dan kemungkinan pindah pada bulan Juni, menurut FedWatch CME Group. Saat memberikan probabilitas 41 persen dari kenaikan tarif pada bulan November dan kesempatan 55 persen pada Desember.

Dalam laporan kedua, Departemen Tenaga Kerja mengatakan klaim awal untuk tunjangan pengangguran negara menurun 13.000 untuk disesuaikan musiman 253.000 untuk pekan yang berakhir 9 April tersebut sesuai dengan tingkat untuk awal Maret, yang merupakan terendah sejak November 1973.

Klaim pengangguran sekarang telah di bawah 300.000, ambang batas yang terkait dengan kondisi pasar tenaga kerja yang sehat, untuk 58 minggu, terpanjang sejak 1973.

Kekuatan pasar tenaga kerja datang meskipun laporan baru pada usaha, persediaan grosir, penjualan ritel dan belanja bisnis menunjukkan pertumbuhan ekonomi hampir terhenti pada kuartal pertama setelah membukukan tingkat tahunan 1,4 persen pada kuartal keempat 2015.


Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here