Surplus Perdagangan Februari Zona Euro Menyusut

247

Surplus perdagangan zona euro menyusut pada bulan Februari karena impor naik lebih tinggi daripada ekspor, indikasi bahwa kenaikan permintaan domestik terus mendorong pemulihan sederhana zona euro.

Sebuah perlambatan ekspor memberikan kontribusi terhadap melemahnya pertumbuhan ekonomi di zona euro selama paruh kedua tahun lalu, dan ada beberapa tanda-tanda perubahan haluan dalam dua bulan pertama 2016.

Tanpa penyesuaian musiman, surplus perdagangan turun ke EUR19 miliar dari EUR20.0 miliar pada Februari 2015.

Lihat : Tingkat Inflasi Maret Zona Eropa Masih Dibawah Target ECB

Kelemahan ekspor meskipun terjadi depresiasi euro karena Bank Sentral Eropa meluncurkan pertama dalam serangkaian langkah-langkah stimulus pada pertengahan 2014 adalah salah satu faktor yang mendorong para pembuat kebijakan untuk meluncurkan paket segar inisiatif yang dirancang untuk meningkatkan pertumbuhan dan inflasi pada tanggal 10 Maret.

Ekonom ECB memangkas proyeksi pertumbuhan untuk tahun ini menjadi 1,4% dari 1,7% pada bulan Desember, yang akan menandai perlambatan dari ekspansi 1,6% yang tercatat tahun lalu. Presiden ECB Mario Draghi mengatakan bahwa sebagian besar mencerminkan “melemahnya signifikan dari prospek pertumbuhan global.”

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here