Tingkat Pengangguran Maret Korea Selatan Menurun

448

Tingkat pengangguran Korea Selatan turun menjadi 4,3 persen pada Maret dari bulan sebelumnya 4,9 persen, dengan jumlah orang yang baru dipekerjakan rebound ke lebih dari 300.000 bulan lalu, demikian laporan pemerintah Korea Selatan pada Jumat (15/04).

Sedangkan tingkat pengangguran yang disesuaikan secara musiman juga turun menjadi 3,8 persen dari 4,1 persen pada periode bulanan.

south-korea-unemployment-rate

Tingkat pengangguran untuk orang dewasa muda juga turun tipis menjadi 11,8 persen bulan lalu dari 12,5 persen pada Februari, namun angka tersebut adalah tingkat pengangguran kaum muda rekor tertinggi untuk bulan Maret, laporan yang disusun oleh Statistik Korea mengatakan, meningkatkan kekhawatiran bahwa karena perekonomian lesu masih gagal untuk menciptakan lebih banyak pekerjaan bagi lulusan sekolah.

Penciptaan lapangan kerja naik tipis dari bulan sebelumnya. Jumlah orang yang dipekerjakan mencapai 25,8 juta pada Maret, naik 300.000 dari tahun sebelumnya. Ini lebih tinggi dari 223.000 bulan sebelumnya, yang merupakan pertumbuhan pekerjaan terendah secara tahunan dalam 12 bulan.

Tingkat pengangguran untuk orang-orang muda, berusia antara 15 dan 29, mencapai 11,8 persen bulan lalu, turun dari rekor tertinggi 12,5 persen pada Februari. Tapi sosok terbaru menandai tingkat tertinggi untuk bulan Maret sejak lembaga mulai mengumpulkan data terkait pada tahun 1999.

“Tingkat pengangguran kaum muda biasanya meningkat Maret karena beberapa ujian pemerintah masih berlangsung. Pelamar untuk ujian ini dihitung sebagai pengangguran,” kata Sim Won-bo, kepala divisi statistik ketenagakerjaan.

“Tingkat pengangguran untuk pemuda telah meningkat dengan semakin banyak orang muda mencari pekerjaan, tetapi pada saat yang sama, tingkat kerja mereka juga meningkat.”

Tingkat kerja bagi mereka yang berusia di bawah 29 tetap di atas garis 41 persen sejak 2013, ketika turun rendah di 39,7 persen.

Lihat : Harga Ekspor Maret Korea Selatan Tergelincir Karena Penguatan Won

Badan statistik mengatakan industri pertanian mempekerjakan 1,2 juta orang bulan lalu, naik dari 975.000 orang sebulan sebelumnya karena cuaca dingin mereda.

Sektor kesehatan dan pendidikan masyarakat juga memberikan dukungan pada peningkatan lapangan kerja, tambahnya.

“Tingkat pengangguran kemungkinan akan membaik dalam beberapa bulan mendatang di belakang kemajuan dalam ekspor dan sentimen konsumen,” kata kementerian keuangan.

Baru-baru ini, indikator ekonomi utama menunjukkan tanda-tanda pemulihan, sebagai laju penurunan pengiriman keluar Korea Selatan melambat menjadi 8,2 persen pada Maret dari 18,8 persen penurunan secara tahunan pada bulan Januari dan 12,2 persen jatuh pada bulan Februari.

Sentimen konsumen meningkat dari bulan sebelumnya pada bulan Maret, sementara sentimen bisnis di antara perusahaan manufaktur untuk bulan April mencapai lima bulan tertinggi baik terhadap perusahaan-perusahaan besar maupun kecil.

 

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here