Bursa Eropa Berawal Negatif Merespon Kegagalan Pertemuan Doha

284

Bursa Saham Eropa diperdagangkan lemah pada awal perdagangan hari Senin (18/04) terpengaruh melemahnya harga minyak mentah pasca gagalnya kesepakatan produsen minyak mentah untuk membekukan produksi.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 adalah turun sekitar 0,2 persen.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 6.333,18, turun -10,57 poi atau -0,17%

Indeks DAX berada pada posisi 10.029,29, turun -22,28 poin atau -0,22%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.479,45, turun -15,72 poin atau -0,35%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.802,80, turun -48,10 poin atau -0,54%

Lihat : Bursa Eropa Akhir Pekan Di Zona Merah; Mingguan Melonjak 3 Persen

Pasar di seluruh dunia telah mencerna berita terbaru dari Doha pada Senin, setelah pertemuan antara OPEC dan produsen minyak non-OPEC gagal menghasilkan rencana untuk membekukan produksi minyak pada hari Minggu.

Kesepakatan itu runtuh setelah raksasa minyak Arab Saudi mengatakan tidak akan mempertahankan tingkat produksinya jika Iran tidak berpartisipasi dalam pembekuan. Iran, yang absen dari pembicaraan pula, selalu mengatakan tidak bersedia untuk membekukan tingkat produksi karena berusaha untuk mendapatkan kembali pangsa pasar yang hilang selama bertahun-tahun akibat sanksi ekonomi.

Lihat : Pertemuan Doha Gagal Capai Kesepakatan

Harga minyak mentah merosot menyusul berita tersebut namun mengurangi beberapa kerugian. Harga minyak mentah patokan Internasional Brent saat ini turun lebih dari 2 persen, diperdagangkan sekitar $ 42, sementara harga minyak mentah AS turun lebih dari 2,5 persen di atas $ 39. Saham tetap turun tajam, termasuk Total, Shell dan Statoil.

Sementara harga logam tetap bergolak, Senin, menyusul hasil pertemuan Doha, saham pertambangan dicampur. Saham Antofagasta turun lebih dari 2 persen, namun saham Rio Tinto diperdagangkan lebih tinggi, meskipun Citi menurunkan rating dari “netral” untuk “menjual”.

Dalam berita perusahaan, Bank Spanyol, Caixabank meluncurkan tawaran pengambilalihan penuh untuk BPI korban Portugal untuk membayar € 1,113 ($ 1,26) per saham untuk membeli saham. Saham bank Spanyol, turun hampir 2 persen.

Operator perjalanan Thomas Cook dan TUI mengangkat sektor wisata dan rekreasi ke wilayah positif pada hari Senin, setelah Berenberg menaikkan target harga dan penilaian kedua saham. Kedua saham naik tajam. Ini bersama dengan kelemahan dalam harga minyak memberi dorongan untuk saham wisata dan rekreasi lainnya, termasuk Air France-KLM dan EasyJet.

Perusahaan properti Immofinanz melihat saham naik setelah perusahaan Austria mengumumkan merger yang direncanakan dengan sesama perusahaan CA Immo. Perusahaan gabungan diharapkan akan menjadi “sebuah perusahaan real estate terkemuka di Eropa tengah dan timur,” CEO Immofinanz, Dr. Oliver Schumy mengatakan dalam sebuah pernyataan. Saham naik lebih dari 1 persen, setelah dikupas beberapa keuntungan.

Produsen chip termasuk ARM Holdings, ams AG dan Dialog Semiconductor turun tajam, dengan pedagang mengutip sebuah laporan di harian bisnis Nikkei, yang mengatakan bahwa raksasa teknologi Apple mengurangi produksi iPhone, karena lesunya penjualan, Reuters melaporkan.

Pemilik gas British Centrica turun 2,5 persen, setelah perusahaan energi U.K. mengatakan telah kehilangan 1,5 persen tambahan dari rekening energi rumah selama kuartal pertama.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak turun terpengaruh pelemahan bursa global dan melemahnya harga minyak mentah.

 

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here