Bursa Shanghai 18 April Berakhir Turun Tertekan Jatuhnya Minyak Mentah

304
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok awal pekan Senin (18/04), indeks Shanghai berakhir negatif, turun -44,05 poin, atau -1,43 persen, pada 3034.07. Pelemahan indeks Shanghai terganjal jatuhnya harga minyak mentah yang menekan kepercayaan investor.

Lihat : Indeks Shanghai 18 April Dibuka Negatif Tertekan Gagalnya Pertemuan Doha

Harga minyak mentah anjlok pada sesi perdagangan Asia, Senin (18/04), sempat anjlok lebih dari 5 pada awal perdagangan, setelah negara-negara penghasil minyak terbesar di dunia gagal mencapai kesepakatan untuk membekukan produksi.

Harga minyak mentah berjangka AS turun 4,56 persen pada $ 38,52 per barel, setelah jatuh lebih dari 5,7 persen pada perdagangan pagi. Sedangkan harga minyak mentah berjangka patokan global Brent turun 3,99 persen pada $ 41,38, naik menapak sedikit dari 5 persen kerugian dari sebelumnya.

Lihat : Harga Minyak Mentah Sesi Asia Anjlok Pasca Gagalnya Pertemuan Doha

Pada akhir perdagangan  hari ini, semua sektor utama jatuh, dengan indeks pelacakan saham energi menurun 1 persen.

Saham-saham logam daratan Tiongkok juga sebagian besar lebih rendah, dengan saham Baoshan Steel jatuh 1,89 persen, sedangkan Yunnan Copper turun 3,18 persen.

Data ekonomi Tiongkok menunjukkan harga rumah bulan Maret naik, dengan Reuters melaporkan harga rata-rata rumah di 70 kota besar naik 4,9 persen bulan lalu dari tahun, memperpanjang kenaikan 3,6 persen bulan Februari. Reuters mengatakan harga rumah di Shenzhen naik 61,6 persen pada tahun, sementara harga Shanghai naik 25 persen.

Namun Saham properti daratan sebagian besar lebih rendah, dengan saham Poly Real Estate kehilangan 2,32 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi melemah terbatas dengan potensi pelemahan bursa global dan harga minyak mentah, sementara ekonomi Tiongkok juga masih rentan dengan perlambatan pertumbuhan ekonomi kuartal I-2016, namun jika ada stimulus pemerintah dapat memberikan hasil positif. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2992-2899 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3161-3258.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here