Dollar Senin Siang Hanya Menguat Terhadap Kurs Komoditas

306

Mengakhiri perdagangan forex sesi Asia  hari Senin (18/04), kurs utama dunia yaitu dollar AS hanya melemah terhadap safe haven yen. Anjloknya harga minyak mentah tidak hanya membuat dollar berkubang di jurang pelemahan dalam 17 bulan, namun mengangkatnya terhadap kurs komoditas kecuali kiwi dollar.

Buruknya kinerja bursa saham Asia dan perkembangan negatif harga minyak mentah membuat safe haven yen berkuasa atas dollar siang ini. Kurs komoditas seperti aussie dan loonie dollar tidak berdaya dengan pelemahan harga minyak kecuali kiwi dollar yang menguat oleh rilis data inflasi negerinya yang naik signifikan pagi ini.

Namun untuk kurs safe haven lainnya seperti euro dan swissfranc tidak begitu kuat yen menekan dollar AS sehingga membuat indeks dollar  yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap rival utamanya  di pasar spot masih  bergerak positif, setelah dibuka lemas di 94,69  kini indeks turun  ke posisi 94,62. Sebelumnya  indeks dollar ditutup turun  0,3 persen. 

Untuk penggerak fundamental malam nanti, selain pergerakan harga minyak mentah juga ada data indeks perumahan NAHB dan pernyataan Presiden Fed New York Dudley.

 

Joel/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here