Emas Minggu Lalu dan Minggu Ini

720

Meskipun pada permulaan minggu lalu dimulai dengan kuat, harga emas pada minggu lalu berakhir di teritori negatif. Bahkan, metal kuning tidak lagi menjadi metal berharga dengan performa yang terbaik dengan perak sekarang mengambil alih julukan ini.

Perak berjangka Comex bulan Mei ditutup di 16.313 per ons, naik 6% selama seminggu, kenaikan mingguan terbesar sejak awal Mei 2015. Rally ini juga membuat perak menjadi metal dengan performa terbaik dengan kenaikan 17.6% setahun, dibandingkan dengan emas 16% setahun.

Emas berjangka Comex bulan Juni ditutup pada hari Jumat di $1,234.60 per ons, turun 0.58% seminggu.

Emas bisa mengalami kesulitan dalam mengambil kembali julukan sebagai metal dengan performa terbaik dengan sentimen di pasar sudah bergeser. Kitco News Wall Street vs Main Street Gold Survey menunjukkan bahwa investor ritel dan professional pasar sekali lagi bertentangan dalam perkiraan harga emas minggu ini.

Dikalangan investor ritel, walaupun sentimen masih positip, tetapi telah turun jauh dari minggu lalu. Minggu ini dari 748 orang yang berpartisipasi dalam survey emas Twitter dan online Kitco, 493 pemungut suara atau 66% berkata mereka memperkirakan harga emas akan naik pada minggu ini.Pada saat yang sama, 185 orang atau 25%, berkata mereka memperkirakan harga emas akan turun minggu ini, dan 70 orang atau 9% netral terhadap pasar emas.

Dalam survei sebelumnya (minggu lalu) 80% dari responden memperkirakan bullish terhadap harga emas.

Survei terhadap professional pasar juga memperkirakan lebih banyak volatilitas kedepannya, dengan kecenderungan bearish. Dari 36 profesional pasar yang dikontak, 17 merespon, dimana 4 profesional atau 24% mengatakan mereka bullish terhadap emas, 8 professional atau 47% mengatakan mereka bearish dan 5 analis atau 25% adalah netral. Partisipan pasar termasuk bullion dealers, investment banks, futures traders dan analis technical-chart.

Minggu ini sentimen positip diantara kalangan investor eceran turun dengan 66% dari partisipan survei adalah bullish terhadap harga, turun dari 80% dari survei sebelumnya. Pada saat yang bersamaan 24% dari professional pasar adalah bullish bagi harga emas, turun dari 60% minggu lalu.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here