Gempa Kumamoto Dorong PM Abe Tingkatkan Stimulus Fiskal

426

Serangkaian gempa bumi besar di Jepang selatan yang menelan korban jiwa, menambah dorongan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe untuk meningkatkan stimulus fiskal dan menunda rencana kenaikan pajak penjualan negara.

Abe mengatakan hanya guncangan ekonomi pada skala krisis keuangan global tahun 2008 atau gempa dan tsunami di timur laut negara itu tahun 2011 akan dibenarkan untuk menunda kenaikan retribusi. Bahkan sebelum bencana alam ini, penasihat dan ekonom berpengaruh telah menyerukan untuk Abe menunda menaikkan pajak.

Gempa bumi dan sejumlah gempa susulan, berpusat pada prefektur Kumamoto, telah menewaskan sedikitnya 42 orang dan menyebabkan lebih dari 1.000 terluka. Lebih dari 110.000 orang telah dievakuasi ke tempat penampungan, seperti yang dilansir oleh Bloomberg.

Abe mengisyaratkan pada hari Senin (18/04) untuk mengkompilasi paket stimulus. Kerusakan daerah juga dapat mempengaruhi pemikirannya tentang apakah akan melaksanakan pemilihan umum musim panas ini bertepatan dengan jajak pendapat untuk majelis tinggi.

Lihat : Indeks Nikkei 18 April Dibuka Anjlok Hampir 3 Persen

Hideo Hayakawa, mantan direktur eksekutif di Bank of Japan, mengatakan dalam sebuah wawancara hari Senin bahwa bencana membuat pemilihan ganda lebih mungkin sebagai daerah bencana masih akan berada dalam kekacauan. Gempa dapat mempercepat penyusunan anggaran tambahan, katanya.

“Kami akan mengambil semua langkah yang diperlukan,” kata Abe di parlemen Senin dalam menanggapi pertanyaan tentang kemungkinan anggaran tambahan. Perdana menteri mengatakan ia akan mempertimbangkan mempercepat transfer pendapatan pajak kepada pemerintah daerah dan menggunakan surplus dana anggaran.

Analis politik Harumi Arima mengatakan pemerintah akan menyusun anggaran yang besar untuk membantu pemulihan di Kumamoto, serta untuk langkah-langkah “ketahanan nasional” untuk lebih mempersiapkan daerah rawan gempa bencana.

Reaksi pasar utang untuk gempa terbatas, dengan biaya perlindungan terhadap sovereign default di Jepang jatuh ke 42 basis poin pada hari Jumat, terendah sejak Oktober, menurut harga CMA.

Wilayah Kumamoto sudah menghadapi penurunan sentimen bisnis, termasuk industri pariwisata, menurut data dari bank sentral. Saat ini sedang memperhitungkan kerugian yang diasuransikan dari gempa dapat melebihi $ 7 miliar.

Toyota Motor Corp mengatakan laba operasional dapat berkurang sekitar 30 miliar yen ($ 277.000.000) untuk kuartal saat ini, mengutip gangguan pasokan suku cadang dan menghentikan lini produksi di beberapa pabriknya.

Beberapa orang kepercayaan Abe telah menyerukan stimulus dan penundaan kenaikan pajak untuk beberapa bulan. Partai Demokrat Liberal anggota parlemen Kozo Yamamoto, salah satu kelompok perdana menteri penasihat pro-reflation, yang disebut pekan lalu untuk paket fiskal 10000000000000 ¥ ($ 92000000000).

Analis Nomura Holdings Inc. dalam catatannya pada Minggu bahwa skala kerusakan masih belum jelas, bencana tidak pada skala yang sama dengan bencana 2011. Meski begitu, analis menyatakan bencana itu merusak rantai pasokan di industri mobil hingga elektronik.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang
image : wikipedia

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here