Gempa Kumamoto Merahkan Yen Jepang Sesi Eropa 18 April

275

Mengamati pergerakan kurs yen Jepang pada perdagangan forex sesi Eropa hari Senin (18/04) setelah negeri tersebut alami bencana nasional akhir pekan, bergerak negatif setelah sempat kuat diawal perdagangan oleh anjloknya harga minyak mentah. Anjloknya pasar saham global pasca anjloknya harga minyak mentah sempat membuat yen kuat kalahkan dollar.

Namun pasca rangkaian gempa di Jepang Selatan yang menelan banyak korban jiwa memberikan kehawatiran pasar akan kondisi ekonomi yang sebelumnya sudah melemah itu. Dengan gempa ini membuat Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe untuk meningkatkan stimulus fiskal dan menunda rencana kenaikan pajak penjualan negara.

Lihat: Gempa Kumamoto Dorong PM Abe Tingkatkan Stimulus Fiskal

Diawal perdagangan yen menguat terhadap dollar AS oleh anjloknya harga minyak mentah pasca gagalnya pertemuan produsen minyak besar OPEC untuk membekukan produski minyaknya di Doha-Qatar hari Minggu (17/4). Anjloknya harga minyak membuat saham-saham sektor energy dunia alami tekanan jual yang cukup besar.

Lihat: Rekomendasi Yen, Selasa 12 April 2016

Pergerakan kurs yen  di  sesi Eropa (10:30:35 GMT) melemah terhadap dollar AS,  USDJPY dibuka lemah pada  108,22  di   awal   perdagangan   (00.00 GMT),  kurs  yen turun 10 pips  atau 0,1% dan nilai pair bergulir  berada pada 108,33.

Untuk pergerakan pair hingga akhir perdagangan  besok, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair USDJPY dapat turun lagi  ke kisaran  106.76-105,63  jika pair tidak mampu naik ke kisaran 109,45- 110,16.

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here