Produk Elektronik Singapura Kurang Laku, Ekspor NODX Menurun

450

Perkembangan terbaru perdagangan luar negeri Singapura alami penurunan, terlihat dari ekspor negeir tersebut pada bulan Maret lalu yang menurun dibandingkan lonjakan ekpsor yang diraih pada bulan sebelumnya.  Turunnya ekpor khususnya pada barang-barang non minyak, disebabkan jatuhnya ekspor barang-barang elektronik. 

Menurut data yang dilaporkan International Enterprise Singapore siang ini, ekspor domestik non-minyak (NODX) Singapura menurun sangat besar dari yang diperkirakan pada bulan Maret oleh ekonom, ekspor NODX turun tajam sebesar 15,6 persen secara tahunan di bulan Maret, berbeda dengan kenaikan 2,0 persen pada bulan sebelumnya. Sebelumnya para ekonom mengharapkan penurunan ekspor hanya 12,6 persen saja.

Singapore Domestic Exports of Non Oil (nodx) (%yoy)
Ekspor produk elektronik alami kontraksi 9,1 persen pada bulan Maret dibandingkan pencapaian bulan yang sama pada tahun 2014, dan membalikkan kenaikan 0,7 persen di bulan sebelumnya. Sebelumnya ekonom harapkan ekspor elektronik hanya turun 1,5 persen saja. Penurunan ekspor domestik elektronik sebagian besar disebabkan kurang lakunya ekspor IC, PC dan bagian dari PC.

Sedangkan untuk ekspor NODX untuk produk non-elektronik juga alami penurunan hingga anjlok 18,0 persen, setelah bulan seblumnya alami kenaikan 2,6 persen. Namun untuk pencapaiaan ekspor secara bulanan,  NODX Singapura  naik  2,0 persen pada bulan Maret dari bulan Februari yang saat itu turun 4,2 persen.

 

 

H Bara/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here