Awal Bursa Eropa Menguat Terdukung Kinerja Saham Perminyakan Dan Pertambangan

581

Bursa Saham Eropa memperpanjang kenaikan pada awal perdagangan Selasa (19/04), dengan kinerja positif saham perminyakan dan pertambangan.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik lebih dari 1 persen pada perdagangan, dengan semua sektor di wilayah positif.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 6.395,72, naik 42,20 poin atau 0,66%

Indeks DAX berada pada posisi 10.349,55, naik 229,24 poin atau 2,27%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.567,07, naik 60,23 poin atau 1,34%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.974,90, naik 93,30 poin atau 1,05%

Sebagian besar pasar Asia melihat kenaikan kuat pada Selasa, yang dipimpin oleh lonjakan saham Jepang, dan hasil positif dari Wall Street pada hari Senin.

Di tempat lain, harga minyak stabil setelah penurunan hari Senin pada kegagalan produsen untuk mencapai kesepakatan pembekuan produksi selama akhir pekan. Setelah pertemuan utama OPEC dan produsen non-OPEC bertujuan untuk menyetujui pembekuan produksi berakhir dengan kegagalan, Menteri Perminyakan Venezuela mengatakan pada hari Senin bahwa kepercayaan antara anggota OPEC pecah.

Harga minyak mentah Brent dan AS lebih tinggi, masing-masing di atas $ 43,50 dan $ 40 pada hari Selasa. Kenaikan ini terpicu pemogokan pekerja minyak di Kuwait memangkas produksi negara hanya 1,1 juta barel per hari (bph), turun dari 2,8 juta. Sektor ini lebih tinggi di bagian belakang pemulihan harga, dengan saham Tullow Oil dan BP keduanya naik tajam.

Meskipun kinerja harga logam mixed, sektor Sumber Daya Dasar naik lebih dari 2,5 persen. Saham Penambang Inggris-Australia Rio Tinto membukukan kenaikan 11 persen dalam pengiriman bijih besi kuartal pertama, tetapi mengatakan telah memangkas proyeksi 2017 produksinya dari tambang bijih besi di Australia. Saham membukukan keuntungan yang tajam, naik lebih dari 2 persen.

Saham Glencore juga naik tajam, naik lebih dari 3 persen setelah Société Générale menaikkan target harga pada saham.

Kelompok makanan Danone melihat saham naik 1,6 persen, setelah angka penjualan perusahaan Perancis tersebut meningkat 3,5 persen pada kuartal pertama, mengalahkan ekspektasi.

Di sektor barang konsumsi, Remy Cointreau mengatakan mempertahankan target pertumbuhan laba operasi setahun penuh dan melihat kenaikan penjualan, dibantu oleh pasar AS yang kuat. Saham naik lebih dari 7,5 persen.

AB InBev adalah fokus, setelah perusahaan menerima tawaran oleh Jepang Asahi, untuk bir merek Peroni dan sekelompok merek bir SAB lainnya, menurut Reuters. Saham di kedua AB InBev dan SAB Miller berfluktuasi di sekitar garis datar.

L’Oreal membukukan “hasil kuartal yang solid” Senin, dengan penjualan mencapai € 6550000000. Saham naik 5 persen, setelah perusahaan kosmetik mengatakan, pihaknya akan memiliki tahun yang positif dari penjualan dan pertumbuhan laba pada tahun 2016.

Perusahaan iklan raksasa Perancis, Publicis melaporkan pertumbuhan penjualan organik dari 2,9 persen untuk kuartal pertama, namun perusahaan memperingatkan bahwa pihaknya akan menghadapi tekanan. Chief Executive Maurice Levy mengatakan kepada CNBC pada hari Selasa bahwa sementara ia memperkirakan positif tahun 2016, ia percaya 2017 akan jauh lebih baik.

Dalam data ekonomi, survei ZEW Jerman untuk bulan April dirilis, dengan sentimen ekonomi datang pada 11,2 poin, dibandingkan dengan 4,3 bulan Maret. Menyusul hasil, Jennifer McKeown, ekonom senior Eropa untuk Capital Economics, mengatakan dalam sebuah catatan bahwa hasil ZEW menunjukkan bahwa kekhawatiran atas perekonomian global mereda.

Di tempat lain, Bank Sentral Eropa juga merilis survei pinjaman terbaru, yang mengungkapkan bahwa bank-bank di zona euro telah memperketat langkah-langkah mereka pada pemberian KPR, Reuters melaporkan. Survei ini datang hanya beberapa hari menjelang pertemuan kebijakan moneter berikutnya ECB.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif dengan data sentimen ekonomi Jerman yang positif juga kenaikan harga minyak mentah.

 

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here