BOK Pertahankan Suku Bunga Korea Selatan 1,5 Persen

464

Bank of Korea mempertahankan suku bunga tetap pada hari Selasa (19/04), seperti yang diperkirakan, sambil mengamati dampak dari pemilihan parlemen awal bulan ini dan pengaruh dari langkah-langkah kebijakan dalam ekonomi. Komite kebijakan moneter Bank of Korea mempertahankan suku bunga stabil pada 1,50 persen.

Dua puluh satu dari 27 analis yang disurvei dalam survei Reuters memperkirakan Bank of Korea akan mempertahankan suku bunga, namun banyak yang memperkirakan pemotongan dalam beberapa bulan mendatang.

south-korea-interest-rate (3)

Mayoritas analis yang memperkirakan stabil, sebagian besar telah melihat bank sentral mungkin untuk menurunkan suku dalam jangka dekat untuk menahan ekonomi lamban sebagai dorongan lebih lanjut sebelum kenaikan suku bunga lanjutan di AS membuat lebih sulit bagi bank Korea Selatan untuk bertindak.

Bersandar pada kebijakan moneter dalam beberapa bulan mendatang untuk merangsang ekonomi dapat menjadi perjuangan karena partai oposisi utama memperoleh kursi lebih dari yang diperkirakan selama pemilihan parlemen awal bulan ini.

Lihat : Tingkat Pengangguran Maret Korea Selatan Menurun

Meskipun kebijakan moneter diputuskan secara independen oleh bank sentral, Partai Saenuri yang berkuasa telah mendesak BOK untuk meningkatkan kegiatan ekonomi, mungkin dengan mengarahkan bank sentral untuk memungkinkannya untuk membeli sekuritas, yang saat ini tidak dapat dilakukan.

Namun, setelah kekalahan dari Partai Saenuri pekan lalu, partai-partai oposisi dipandang lebih cenderung fokus pada kebijakan lainnya, termasuk kemungkinan menaikkan pajak.

Bank of Korea akan mengumumkan perkiraan revisi pertumbuhan untuk 2016 dan 2017 di kemudian hari. Sebagian besar analis telah mengatakan perkiraan pertumbuhan kemungkinan akan disesuaikan ke bawah.

 

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here