Bursa Tokyo 19 April Berakhir Melonjak 4 Persen Terdorong Pelemahan Yen

443
indeks nikkei

Di akhir perdagangan bursa saham Jepang awal pekan Selasa (19/04), indeks Nikkei ditutup naik 598,49 poin, atau 3,68 persen, ke 16,874.44, menebus penurunan 3,4 persen pada perdagangan kemarin. Penguatan indeks Nikkei terpicu pelemahan Yen.

Lihat : Awal Indeks Nikkei 19 April Melonjak Hampir 4 Persen Terdorong Pelemahan Yen

Yen Jepang, yang menyentuh level di bawah 108 terhadap dolar AS di sesi sebelumnya, naik di akhir sesi. Pada 14:50 waktu HK / SIN, setelah penutupan pasar Jepang, pasangan dolar AS / yen diperdagangkan di 108,77, setelah mencapai setinggi 109,20 sebelumnya. Pelemahan Yen terjadi karena pelaku pasar mencerna tingkat kerusakan dari gempa bumi pekan lalu.

Pelemahan yen biasanya positif bagi eksportir karena meningkatkan laba mereka di luar negeri ketika dikonversi ke mata uang lokal.

Saham-saham eksportir utama Jepang rebound, dengan saham mobil Toyota, Nissan dan Honda melonjak antara 3,57 persen hingga 4,46 persen. Saham Sony rebound 6,49 persen. Saham eksportir, yang biasanya mendapatkan keuntungan dari melemahnya yen, telah jatuh di sesi sebelumnya setelah laporan mengatakan beberapa produsen yang terpengaruh oleh gempa bumi yang melanda pulau Kyushu di selatan Jepang pekan lalu, menyebabkan kerusakan yang cukup besar.

Reuters melaporkan bahwa Sony dan Honda mengatakan produksi pabrik mereka yang terkena di wilayah tersebut akan tetap ditangguhkan untuk sementara waktu.

Dalam sebuah pernyataan media pada hari Minggu, Toyota mengatakan akan menghentikan produksi pada lini perakitan kendaraannya secara bertahap, antara 18 April hingga 23 April karena kekurangan pasokan akibat gempa.

Sedangkan untuk indeks Nikkei berjangka terpantau naik 120 poin atau 0,71% pada 16,990, turun dibandingkan penutupan perdagangan sebelumnya pada 16,870.

Esok hari akan dirilis data perdagangan Jepang. Exports dan Imports YoY Maret dindikasikan menurun, dan Balance of Trade Maret diindikasikan meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Nikkei diperkirakan berpotensi melemah terbatas tertekan penguatan Yen jika surplus perdagangan terealisir meingkat. Secara teknikal Indeks Nikkei akan bergerak dalam kisaran Support 16,515-16,027, dan kisaran Resistance 17,517-18,032.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here