Rupiah Selasa Kuatkan IHSG, 3 Hari Berturut Kalahkan Dollar

215

Mengakhiri perdagangan  pasar valas hari Selasa (19/04), rupiah yang dibuka melemah di sesi pagi berakhir menguat seiring dengan menurunnya kekuatan dollar AS si perdagangan pasar spot masuk sesi Eropa sejak siang tadi. Dollar yang tadinya hanya melemah terhadap kurs komoditas dan yen, kini sebaliknya kurs komoditas berhasil tekan balik dollar ditambah tekanan dari rival utama lainnya seperti euro, swissfranc dan pound. 

Hebatnya rupiah mengungguli dollar membuat  bursa saham sepanjang hari menjadi untung, dimana investor  asing  cetak net buy sebesar Rp152 miliar.  Dan aksi asing ini  mempertahankan bullish   IHSG  dengan menguat  0,3% ke posisi 4882.

Lihat:  Denyut IHSG Sektoral : Didukung Sektor Property, Saham BEST Naik Tertinggi

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot sore ini bergerak kuat dengan posisi peningkatan 0,26% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13135/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13168/US$.  Dari sisi kurs jisdor  dan  kurs BI, rupiah Rabu diperkuat  dari perdagangan sebelumnya. 

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini diperkuat ke posisi 13150 dari hari sebelumnya 13204 pada hari Senin (18/04),  sedangkan kurs transaksi antar bank menguat ke posisi 13216  dari posisi 13270   perdagangan sebelumnya.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari,  analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah   berpotensi bergerak positif  kembali oleh proyeksi pelemahan dollar   diakhir perdagangan malam ini.

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here