Sentimen Ekonomi April Jerman Melonjak

369

Sentimen ekonomi bulan April dari negara dengan ekonomi terbesar di Eropa meningkat.  Survey ZEW mengatakan pada Selasa (19/04) bahwa ukuran dari harapan ekonomi naik menjadi 11,2 poin dari 4,3 poin pada bulan Maret, tapi tinggal di bawah rata-rata jangka panjang dari 24,5 poin. Ekonom yang disurvei oleh The Wall Street Journal telah memperkirakan kenaikan yang lebih kecil untuk 9,0 poin.

Tapi, secara keseluruhan, permintaan turun dari negara berkembang yang besar, termasuk Tiongkok, terus membebani sektor ekspor Jerman, sementara kekhawatiran tentang kemungkinan keluarnya Ingris dari Uni Eropa juga tampaknya membebani sentimen.

germany-zew-economic-sentiment-index (1)

Menggambarkan kekhawatiran tersebut, ukuran ZEW untuk kondisi ekonomi saat ini turun untuk bulan ketiga berturut-turut menjadi 47,7 pada April dari 50,7 pada bulan Maret.

Sementara survei ZEW mencerminkan penilaian dari analis keuangan dan investor institusi, prakirawan ekonomi lebih memilih untuk mengandalkan survei bisnis – seperti indeks pembelian manajer dan survei Ifo – untuk ukuran yang mendasari kekuatan atau kelemahan ekonomi.

 

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here