Awal Bursa Eropa 20 April Bergerak Turun Merespon Pelemahan Minyak Mentah

271

Bursa Saham Eropa sebagian besar jatuh ke wilayah negatif pada awal perdagangan Rabu (20/04) tergerus pelemahan harga minyak yang lemah dan hasil mixed laba emiten membatasi kenaikan.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 turun 0,2 persen, dengan sebagian besar sektor perdagangan berada di zona merah.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 6.385,53, turun -19,82 poin atau -0,31%

Indeks DAX berada pada posisi 10.341,52, turun -8,07 poin atau -0,08%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.551,22, turun -15,26 poin atau -0,33%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 9.020,50, naik 49,20 poin atau 0,55%

Lihat : Awal Bursa Eropa Menguat Terdukung Kinerja Saham Perminyakan Dan Pertambangan

Di pasar minyak, harga minyak mentah berjangka jatuh kembali ke zona merah pada Rabu, setelah pekerja minyak di Kuwait mengakhiri mogok tiga hari mereka, yang mengakibatkan penurunan produksi dari negara Timur Tengah ini. Data dari American Petroleum Institute (API) juga membebani pasar, karena melaporkan pasokan minyak mentah AS meningkat 3,1 juta barel pekan lalu.

Harga minyak turun lebih dari 2 persen pada awal perdagangan, dengan Brent saat ini hanya di atas $ 43, dan minyak mentah AS melayang sekitar $ 40. Penurunan ini membebani sektor minyak dan gas, dengan saham Tullow Oil dan Total di wilayah negatif.

Beberapa harga logam juga mengalami tekanan pada perdagangan awal, namun, saham Antofagasta, Rio Tinto dan BHP Billiton semua membukukan keuntungan yang kuat, setelah Investec menaikkan target harga pada masing-masing saham.

Laporan pendapatan emiten mixed pada Rabu. Perusahaan bioteknologi Novozymes melaporkan laba operasional kuartal pertama dan penjualan yang memenuhi ekspektasi analis. Saham naik lebih dari 1,5 persen, meskipun perusahaan Denmark tersebut memangkas proyeksi setahun penuh.

Heineken adalah favorit lain di kalangan investor, setelah bir yang mempertahankan perkiraan setahun penuh dan melaporkan kinerja penjualan yang kuat di beberapa daerah; Reuters melaporkan. Saham melonjak 2 persen.

CEO ABB Ulrich Spiesshofer mengatakan kepada CNBC Rabu bahwa perusahaan telah melakukan “cukup baik” dalam kuartal pertama, meskipun kondisi pasar yang sulit. Saham muncul 4 persen, setelah perusahaan mengatakan peningkatan margin dan meningkatkan arus kas sebesar $ 200 juta.

Saham GAM Holding turun lebih dari 3 persen, setelah perusahaan manajemen aset tersebut mengatakan arus keluar bersih dalam pengelolaan investasi datang pada 3,1 miliar franc ($ 3200000000) selama kuartal pertama.

Selain laba, saham Volkswagen naik lebih dari 4 persen dalam perdagangan. Hal ini muncul setelah sebuah laporan oleh Wall Street Journal mengatakan bahwa Departemen Kehakiman AS mengatakan untuk perusahaan menahan diri untuk melaporkan hasil investigasi independen terkait kecurangan perangkat mereka kepada publik.

Perusahaan merek mewah Burberry Inggris, melihat saham tergelincir lebih dari 1 persen, setelah Goldman Sachs menurunkan rating menjadi “netral” dan menurunkan target harga pada saham.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pergerakan harga minyak mentah, dimana malam nanti akan dirilis data resmi persediaan minyak mentah AS oleh EIA, yang jika terealisi menurun sesuai ekspektasi, akan menaikkan harga minyak mentah dan membantu kenaikan bursa Eropa.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here