Harga Produsen Maret Korea Selatan Terendah Enam Tahun

668

Harga produsen Korea Selatan jatuh ke level terendah dalam enam tahun terutama karena penurunan harga energi, data Bank Sentral Korea pada Rabu (20/04).

Indeks harga produsen, yang menunjukkan tekanan inflasi sebelum mereka mencapai konsumen, mencatatkan hasil 98,42 bulan lalu, pembacaan terendah Maret sejak 2010, menurut data awal dari Bank of Korea. Dari bulan sebelumnya, itu merupakan penurunan 0,1 persen. Dari bulan yang sama tahun lalu, itu turun 3,3 persen.

south-korea-producer-prices (1)

Bank sentral mengatakan penurunan ini terutama disebabkan penurunan harga energi, termasuk batubara dan minyak yang anjlok 25,7 persen dari bulan yang sama tahun lalu.

south-korea-producer-prices-change (2)

Sementara harga produk industri naik tipis 0,1 persen dari bulan sebelumnya, harga listrik, gas alam dan air tergelincir 3,3 persen, kata BOK.

Lihat : BOK Pangkas Pertumbuhan Ekonomi Korea Selatan Menjadi 2,8 Persen

Sebuah indeks terpisah untuk barang pertanian tergelincir 0,2 persen pada Maret dari bulan sebelumnya, meskipun membaca ditandai kenaikan 7,1 persen dari tahun sebelumnya.

Pergerakan harga produsen mendahului pergerakan harga konsumen. BOK pada hari Selasa mengatakan inflasi di Korea kemungkinan akan 1,2 persen tahun ini, jauh di bawah target jangka menengah dari 2 persen.

 

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here