Jumlah Pengangguran Inggris Naik Tertinggi 7 Bulan

359

Jumlah pengangguran Inggris naik untuk pertama kalinya dalam tujuh bulan dan pengusaha menambahkan pekerjaan jauh lebih sedikit dari perkiraan, menunjukkan pasar tenaga kerja Inggris dalam pelemahan.

Jumlah orang yang mencari pekerjaan naik sebesar 21.000 menjadi 1,7 juta dalam tiga bulan sampai Februari, demikian rilis Kantor Statistik Nasional (ONS) di London, Rabu (20/04). Hasil ini membuat tingkat pengangguran tidak berubah pada 5,1 persen, seperti yang diperkirakan oleh para ekonom. Sedangkan penambahan pekerjaan naik 20.000, pembacaan terlemah sejak Juni tahun lalu.

Angka-angka juga menunjukkan beberapa tanda-tanda tekanan pada upah. Pertumbuhan pembayaran upah tidak termasuk bonus tidak berubah pada 2,2 persen dalam tiga bulan terakhir. Inflasi total gaji turun ke 1,8 persen dari 2,1 persen, mencerminkan penurunan tajam sektor bonus keuangan.

Laporan itu muncul menjelang referendum apakah Inggris harus tetap di Uni Eropa atau keluar. Bank of England telah menyatakan tidak terburu-buru untuk menaikkan suku bunga dari rekor rendah dan beberapa survei menunjukkan pemungutan suara 23 Juni mulai membebani investasi dan rencana perekrutan.

Lihat : Tingkat Pengangguran Maret Hong Kong Meningkat

Perekonomian menambahkan hanya sepertiga dari 60.000 pekerjaan yang diperkirakan dalam survei Bloomberg. Manfaat pengangguran, ukuran sempit pengangguran, tiba-tiba naik 6.700 pada bulan Maret. Ekonom telah memperkirakan penurunan dari 10.000. Klaim tingkat pengangguran berada pada 2,1 persen.

ONS mengatakan tidak ada bukti dalam angka resmi menunjukkan bahwa kelemahan pasar tenaga kerja adalah karena referendum. Dalam laporan bulanan yang terpisah pada ekonomi yang dipublikasikan Rabu, BOE mengatakan intensitas tenaga kerja pada bulan April “sedikit berubah dan konsisten dengan pertumbuhan lapangan kerja yang statis.”

“Pertumbuhan tenaga kerja murah tetap moderat secara keseluruhan dan telah mereda sedikit di bidang manufaktur mencerminkan kelemahan baru-baru ini dalam pertumbuhan permintaan,” kata bank sentral dalam ringkasan dari kondisi bisnis.

Pada bulan Februari saja, total gaji naik hanya 1,1 persen dari tahun sebelumnya, kenaikan terkecil sejak Agustus 2014. Pertumbuhan upah di sektor swasta juga melambat ke terlemah sejak 2014.

Dengan inflasi masih jauh di bawah target 2 persen BOE dan ekonomi menunjukkan tanda-tanda melambat sejak awal tahun ini, para pejabat diharapkan untuk menjaga suku bunga acuan pada 0,5 persen sampai awal tahun depan, demikian perkiraan median dalam survei Bloomberg.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here