Laba Mustika Ratu Hilang 6 Miliar, Sahamnya Kurang Diminati

368

Memantau pergerakan saham PT Mustika Ratu Tbk. (MRAT) yang baru melaporkan kinerja keuangannya sepanjang tahun 2015 hari ini (20/04), tidak bergerak alias tidak diperdagangkan hari ini. Perusahaan yang memiliki bisnis menjual kosmetik ini melaporkan terjadi penurunan yang sangat besar terhadap laba yang diperoleh perseroan.

Sepanjang tahun 2015, MRAT hanya mendapatkan laba sebesar Rp1,04 miliar atau Rp 2 per saham sedangkan tahun sebelumnya mencapai Rp7,05 miliar atau Rp16 per saham, turun 500 persen lebih. Ambruknya kinerja perseroan tahun lalu selain penurunan penjualan juga peningkatan beban-beban yang harus ditanggung perseroan.

Penjualan MRAT hanya Rp428 miliar pada tahun 2015, sedangkan tahun sebelumnya mencapai Rp435 miliar. Peningkatan beban terjadi pada beban penjualan, beban umum serta beban keuangan. Jumlah aset MRAT juga merosot dari Rp500,1 miliar menjadi Rp497,1 miliar.

Untuk pergerakan sahamnya di bursa perdagangan saham hari Rabu (20/04) saham MRAT tidak diperdagangkan setelah perdagangan sebelumnya ditutup pada posisi 213. Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham MRAT perdagangan sebelumnya bergerak  kuat dengan   indikator MA  bergerak turun    dan  indikator Stochastic  konsolidasi   di area tengah. Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak naik dengan +DI bergerak datar. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, rekomendasi saham MRAT wait and see.

 

 

Joel/VMN/VBN/ Senior Analyst at Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here