Bisnis EXCL Sudah Tidak Rugi Lagi, Tapi Sahamnya Terpukul

368

Pergerakan saham PT XL Axiata Tbk setelah emiten melaporkan kinerja keuangan perseroan yang cukup mengesankan dalam 3 bulan pertama tahun 2016 bergerak negatif setelah sempat dibuka positif. Tekanan profit taking perdagangan saham sebelumnya masih terus berlanjut setelah berhasil rally 6 hari perdagangan berturut.

EXCL melaporkan keuntungan yang diterimanya dari kinerja selama kuartal pertama tahun ini  sebanyak Rp169,26 miliar sedangkan periode yang sama tahun sebelumnya merugi hingga Rp758 miliar lebih. Dengan keuntungan tersebut, pendapatan EXCL pada periode yang sama hanya naik sedikit yaitu mencapai  Rp5,61 triliun dibanding kuartal I/2015  hanya Rp5,48 triliun. Disisi lain dalam 3 bulan kemarin EXCL alami keuntungan selisih kurs hingga Rp471,86 miliar sedangkan periode Q1-2015 alami kerugian sebesar Rp1,02 triliun.

Untuk pergerakan sahamnya di bursa perdagangan saham hari Kamis  (21/04) saham EXCL dibuka  pada level 3940 dari  penutupan perdagangan sebelumnya di level 3930. Sampai sesi II hari ini  volume perdagangan saham  sudah  mencapai  18 ribu  lot saham   dan pergerakan saham lanjut koreksi.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham EXCL perdagangan sebelumnya bergerak  bearish  dengan   indikator MA  bergerak turun  dan  indikator Stochastic  keluar dari area jenuh belinya. Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak datar  dengan +DI bergerak datar juga. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, rekomendasi saham EXCL berikutnya pada kisaran support di posisi 3840 dan level resisten di 3970.

 

 

Joel/VMN/VBN/ Senior Analyst at Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here