Harga Karet Tocom 21 April Terangkat Penguatan Bursa Tokyo Dan Minyak Mentah

385

Harga karet Tocom pada akhir perdagangan Senin siang (11/04) berakhir nak. Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu September 2016 menguat mengikuti kenaikan bursa Tokyo dan kenaikan minyak mentah.

Pada perdagangan saham bursa Tokyo hari ini mencatatkan hasil positif. Indeks Nikkei naik ke 2,5 bulan tertinggi pada hari Kamis setelah yen kembali melanjutkan tren melemah terhadap dolar AS di tengah kenaikan harga minyak dan harapan tumbuh pelonggaran lebih lanjut dari Bank of Japan.

Harga minyak mentah naik pada hari Kamis siang jelang sesi perdagangan Eropa, membalikkan penurunan di perdagangan awal, setelah Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan akan terjadi penurunan terbesar dalam produksi non-OPEC dalam satu generasi pada tahun 2016, membantu menyeimbangkan pasar yang telah tertekan oleh kelebihan pasokan.

“Tahun ini, kami memperkirakan penurunan terbesar dalam pasokan minyak non-OPEC dalam 25 tahun terakhir, hampir 700.000 barel per hari. Pada saat yang sama, pertumbuhan permintaan global dalam kecepatan besar, dipimpin oleh India, Tiongkok dan negara lainnya, “katanya kepada wartawan di Tokyo.

Setelah jatuh ke sesi rendah $ 45,23 per barel pada hari Kamis, harga minyak mentah Brent bulan depan naik menjadi $ 46 per barel pada 0650 GMT, naik 20 sen dari penutupan terakhir mereka.

Sementara minyak mentah berjangka AS sebelumnya merosot ke $ 43,62 sebelum naik ke $ 44,37 per barel, naik 19 sen dari penutupan terakhir mereka.

Lihat : Harga Minyak Mentah Rebound Jelang Sesi Eropa Terpicu Pernyataan EIA

Kenaikan harga minyak mentah membuat biaya produksi karet sintetis menjadi lebih mahal. Dampaknya permintaan terhadap komoditas karet alami seperti yang diperdagangkan di Tocom mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak September 2016 siang ini berakhir naik sebesar 8,4 yen pada posisi 202,20 yen per kilogram, naik dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya pada 193,80 yen per kilogram.

Lihat : Harga Karet Tocom 8 April Bergerak Lemah Terpicu Profit Taking

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari ini berpotensi melemah terbatas dengan potensi pelemahan harga minyak mentah akibat kekuatiran kekenyangan pasokan minyak mentah.

Untuk sesi perdagangan sore ini harga diperkirakan akan menemui level Support di posisi 197,00 yen. Support selanjutnya ada di 192,00 yen. Sementara itu jika harga menguat akan menemui Resistance di posisi 207,00  yen dan 212,00  yen.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here