Inflasi Maret Hong Kong Dibawah Perkiraan

507

Harga konsumen di Hong Kong naik 3,0 persen tahun-ke-tahun pada bulan Maret 2016, menyusul pertumbuhan 3,1 persen di bulan sebelumnya. Peningkatan lebih cepat terjadi pada harga pangan di tengah kondisi cuaca buruk awal tahun ini , sementara komponen CPI utama lainnya sebagian besar menghadapi tekanan harga. Namun, dengan sebagian untuk waktu yang berbeda dari liburan Paskah, biaya untuk paket wisata kembali menunjukkan pertumbuhan. Tingkat inflasi di Hong Kong ini dilaporkan oleh Departemen Sensus dan Statistik Hong Kong, Kamis (21/04).

Kenaikan CPI bulan Maret sedikit lebih rendah dari kenaikan bulan Februari 3,1%, tapi di atas median 2,7% kenaikan diperkirakan oleh lima ekonom yang disurvei sebelumnya oleh The Wall Street Journal.

hong-kong-inflation-cpi (1)

Pemerintah kota mengatakan pada Februari pihaknya memperkirakan CPI naik 2,3% tahun ini, lebih lambat dari kenaikan 3,0% pada tahun 2015.

Tingkat inflasi di Hong Kong rata-rata 4,54 persen dari tahun 1981 sampai dengan tahun 2015, mencapai semua waktu tinggi dari 16 persen pada Oktober dari tahun 1981 dan rekor rendah -6,10 persen pada Agustus 1999.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here