Penjualan Ritel Maret Inggris Merosot

757

Pengecer Inggris tertekan penurunan tajam dalam penjualan bulan lalu setelah pembeli mengurangi pembelian pada makanan dan pakaian di rumah tangga sebagai tanda terbaru menurunnya prospek ekonomi.

Kantor Statistik Nasional (ONS) mengatakan pada Kamis (21/04), volume penjualan ritel telah merosot 1,3% pada bulan ini, penurunan lebih tajam dari 0,1% yang diperkirakan oleh ekonom dalam jajak pendapat Reuters. Penjualan naik 2,7% pada tahun ini, jauh di bawah perkiraan untuk pertumbuhan 4,4%.

united-kingdom-retail-sales (3)

Data memberikan kekhawatiran bahwa ekonomi Inggris telah kehilangan momentum dalam menghadapi perlambatan perdagangan global dan sebagai pengeluaran domestik tertekan oleh ketidakpastian sebelum referendum bulan Juni pada keanggotaan Uni Eropa.

Belanja konsumen telah menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi Inggris, dibantu oleh tenaga kerja yang tinggi, suku bunga rendah dan inflasi rendah, tapi survei terakhir menunjukkan rumah tangga mendapatkan tekanan karena kekhawatiran tumbuh sekitar perekonomian domestik dan global.

ONS mengatakan penjualan pakaian turun 2,3% pada bulanan sedangkan penjualan barang rumah tangga turun 2,9%.

Angka-angka kurang stabil selama tiga bulan juga menunjukkan perlambatan. Dalam tiga bulan pertama 2016 volume penjualan naik 0,8%, turun dari pertumbuhan 1,0% pada kuartal akhir 2015.

Kabar dari penjualan online agak cerah. Mereka naik 8,9% pada tahun ini, namun turun 0,5% pada bulan tersebut.

Jumlah yang dibelanjakan di industri ritel menurun 0,1% dibandingkan dengan Maret 2015 dan menurun 1,3% dibandingkan dengan Februari 2016.

ONS mengatakan harga toko rata-rata turun sebesar 3% pada tahun ini, bulan ke-21 berturut-turut harga jatuh tahun-ke-tahun.

Dengan latar belakang turunnya harga toko, dan inflasi umumnya rendah, Bank of England telah mempertahankan suku bunga pada rekor rendah 0,5%.


Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here