Preview: Initial Jobless Claims AS

576

Pengajuan baru untuk tunjangan pengangguran terus menuju ke pertumbuhan yang solid di pasar tenaga kerja. Update pada minggu lalu menunjukkan bahwa “initial jobless claims” berada pada kerendahan selama multi dekade.

Jumlah klaim baru untuk tunjangan pengangguran turun lebih daripada yang diperkirakan mencapai level yang terakhir terlihat pada tahun 1973 menunjukkan kekuatan yang berkelanjutan di pasar tenaga kerja AS. Jumlah klaim pengangguran turun 13.000 mencapai 253.000, sementara para ekonom memperkirakan klaim sebesar 270.000.

Sepanjang indikator ini masih merupakan ukuran yang dapat dipercaya terhadap kondisi pertumbuhan pekerjaan dimasa depan, hal ini memberikan signal untuk laporan payrolls yang bagus berikutnya ketika pemerintah mempublikasikan angka nonfarm payrolls bulan April pada bulan depan.

Seorang ekonom HIS mengatakan kepada Bloomberg pada minggu lalu,”Klaim pengangguran sedang berada pada posisi yang benar-benar rendah dan data pasar tenaga kerja lainnya memberitahukan kepada kita bahwa ekonomi sedang menciptakan banyak pekerjaan. Hal ini adalah konfirmasi berikutnya bahwa pasar tenaga kerja kuat.”

Update data pada malam hari ini diperkirakan akan memberikan sedikit kenaikan di dalam klaim pengangguran yang baru, tetapi proyeksi kenaikan menjadi 265.000 – pertambahan sebanyak 12.000 terhadap angka minggu lalu – adalah masih angka yang termasuk terendah dalam satu generasi. Jika perkiraan ini benar, berita ini akan memberikan dukungan untuk mengatakan bahwa angka-angka yang lemah darimanapun juga di ekonomi – baik penjualan eceran dan produksi industri, sebagai contoh – tidak akan membuat pertumbuhan ekonomi tergelincir.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here