Aktifitas Manufaktur Dan Jasa Jerman Turun Terendah 9 Bulan

718

Sektor manufaktur dan jasa Jerman turun sedikit pada bulan April, meninggalkan ekonomi dalam fase pertumbuhan “spektakuler”, menurut Markit.

Indeks komposit Purchasing Managers melorot ke level terendah sembilan bulan pada 53,8 dari 54 pada bulan Maret, demikian rilis Markit di London, Jumat (22/04). Langkah-langkah untuk kedua industri menurun, namun tetap di atas level 50 yang mensinyalkan ekspansi. Laporan ini juga menunjukkan bahwa biaya input jatuh pada kecepatan yang kurang tajam, dan harga produksi naik.

germany-composite-pmi

Bundesbank mengatakan bahwa momentum dalam perekonomian terbesar di Eropa bisa memperlambat kuartal ini, mengutip pesanan manufaktur yang lemah dan menurunnya kepercayaan bisnis. Ekonomi tumbuh hanya 0,3 persen dalam tiga bulan pertama tahun ini.

Lihat : Preview: PMI Manufaktur AS Bulan April 2016

“Perekonomian sektor swasta Jerman melanjutkan tren ekspansi spektakuler,” kata Oliver Kolodseike, seorang ekonom di Markit. Meskipun jumlahnya “membosankan,” indeks “masih menunjukkan pertumbuhan moderat,” katanya.

Presiden ECB Mario Draghi mengatakan di Frankfurt pada hari Kamis bahwa kebijakan bank adalah “efektif” dan membutuhkan lebih banyak waktu. ECB, yang melepaskan babak baru stimulus pada bulan Maret, mempertahankan suku bunga tidak berubah pada rekor terendah minggu ini dan mempertahankan pembelian aset bulanan pada 80 miliar euro ($ 90000000000).

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here