Aktifitas Manufaktur Dan Jasa Zona Eropa Maret Menurun

348

Zona euro terus menunjukkan pertumbuhan moderat pada bulan April, menurut data PMI terbaru. Indeks Markit PMI zona euro turun dari 53,1 pada bulan Maret pada 53,0 pada bulan April. Demikian rilis Markit pada Jumat (22/04).

PMI menunjukkan laju pertumbuhan ekonomi pada awal kuartal kedua sedikit lebih lemah daripada rata-rata terlihat pada kuartal pertama, dan sedikit lebih lambat dari rata-rata terlihat tahun lalu. Hanya pertumbuhan moderat kembali terlihat di kedua manufaktur dan jasa. Dalam kedua kasus tingkat ekspansi yang tepat di bawah rata-rata untuk kuartal pertama 2016.

euro-area-composite-pmi (1)

Pertumbuhan pesanan baru meningkat ke level tertinggi tiga bulan, tapi sedikit di bawah rata-rata terlihat selama tahun lalu. Tarif datar kenaikan yang mengisyaratkan untuk kedua barang dan jasa.

Demikian pula, pertumbuhan lapangan kerja naik sedikit di kedua sektor tetapi tetap tenang, yang berarti peningkatan keseluruhan gagal untuk mencocokkan tingkat penciptaan lapangan kerja terlihat di sekitar pergantian tahun.

Jumlah kerja hampir tidak naik, melanjutkan tren stagnan yang terlihat di kedua manufaktur dan jasa selama tiga bulan terakhir, yang menunjukkan bahwa tingkat kapasitas saat ini dan pertumbuhan lapangan kerja yang memadai untuk memenuhi permintaan.

Lihat : Aktifitas Manufaktur Dan Jasa Jerman Turun Terendah 9 Bulan

Harga input naik, meskipun hanya sedikit, untuk pertama kalinya dalam empat bulan, mencerminkan biaya yang lebih tinggi di sektor jasa dan sebuah pengurangan dalam tingkat penurunan harga input manufaktur ke terendah empat bulan, sebagian besar karena beberapa penguatan harga komoditas.

Harga jual rata-rata terus turun, namun, sebagai perusahaan sering menawarkan diskon untuk memenangkan penjualan. Tingkat penurunan namun mereda menyarankan beberapa moderasi dari tekanan deflasi. Pengurangan lebih lambat dalam biaya terdaftar di kedua manufaktur dan jasa. Harapan tentang aktivitas bisnis masa depan di sektor layanan tetap sejalan dengan rata-rata terlihat pada kuartal pertama.

Prancis beringsut keluar dari stagnasi terlihat pada Maret, tapi terus bertindak sebagai hambatan besar pada wilayah dengan hanya peningkatan marjinal dalam aktivitas. Sementara pertumbuhan melambat untuk bulan keempat berjalan di Jerman (sembilan bulan) dan di seluruh wilayah (14-bulan rendah).

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here