Bursa Eropa Bergerak Negatif Tertekan Sektor Otomotif Dan Sumber Daya

438

Bursa Saham Eropa diperdagangkan sebagian besar turun pada awal perdagangan Jumat (22/04), terganjal penurunan tajam dalam sektor otomotif dan sumber daya dasar.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 adalah turun 0,6 persen, dengan sebagian besar sektor berada dalam zona merah.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 6.330,41, turun -51,03 poin atau -0,80%

Indeks DAX berada pada posisi 10.354,21, turun -81,52 poin atau -0,78%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.563,20, turun -19,63 poin atau -0,43%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 9.200,30, naik 3.10 poin atau 0,03%

Lihat : Bursa Eropa Bergerak Mixed Menantikan Keputusan Kebijakan ECB

Perdagangan di pasar Eropa tertekan pada awal perdagangan oleh sentimen negatif di pasar Asia dan AS semalam. Harga minyak naik terdukung sentimen positif, meskipun ada kekhawatiran atas melimpahnya pasokan global. Harga minyak mentah berjangka Brent dan minyak mentah AS membukukan keuntungan moderat di awal perdagangan Eropa, masing-masing sekitar $ 45 dan $ 43,50 per barel.

Sektor sumber dasar adalah salah satu sektor terburuk pada hari Jumat, turun hampir 2 persen karena harga logam melihat tanda-tanda kelemahan. Saham ArcelorMittal dan Anglo American keduanya turun lebih dari 3 persen.

Dalam data ekonomi, aktivitas sektor swasta tumbuh pada bulan April di Perancis. Indeks PMI naik menjadi 50,5, naik dari bulan sebelumnya 50,0. Di Jerman, meskipun peningkatan kinerja di bidang manufaktur, pertumbuhan produksi untuk sektor swasta melambat menjadi 53,8 pada April, turun dari bulan Maret 54,0.

Untuk zona euro secara keseluruhan, kegiatan usaha gagal menunjukkan tanda-tanda meningkat, dengan indeks PMI komposit di kawasan itu datang di 53,0, turun dari bulan Maret 53,1, menurut Markit.

Selain dari sumber dasar, saham-saham di sektor otomotif yang sangat lemah, karena berita dari Daimler dan Volkswagen mengguncang sektor ini.

Saham Volkswagen turun 2,5 persen pada hari Jumat, meskipun mengumumkan telah mencapai kesepakatan kerangka kerja dengan penggugat class action di pengadilan AS pada hari Kamis, sebagai bagian dari rencana yang berkelanjutan untuk memperbaiki efek dari skandal kecurangan emisi. Reuters, melaporkan adanya kenaikan ketentuan untuk membayar skandal emisi untuk 16-17 miliar euro dari sebelumnya 6,7 miliar euro. VW milik Porsche juga turun lebih dari 2 persen.

Daimler melihat saham tenggelam 5 persen, setelah pembuat mobil mengumumkan akan melakukan investigasi ke dalam proses pengujian emisi, atas permintaan dari Departemen Kehakiman AS. Saham juga lebih rendah setelah laba bersihnya turun pada kuartal pertama.

Sementara Volvo melonjak lebih dari 4 persen. Ini datang setelah perusahaan membukukan penurunan laba kuartal pertama, namun angka itu lebih tinggi dari perkiraan rata-rata analis.

Laporan laba perusahaan terus penggerak pasarpada hari Jumat dengan kinerja dalam saham barang mewah membebani sentimen. Saham Kering merosot 4,5 persen setelah melaporkan peningkatan 2,7 persen dalam pendapatan kuartal pertama, tapi melihat pertumbuhan lebih lambat dari merek Gucci yang yang gagal memenuhi ekspektasi pasar.

Sementara itu, Ferragamo mengumumkan bahwa CEO-nya, Michele Norsa akan mundur pada akhir 2016. Saham tenggelam lebih dari 4 persen.

Merck adalah lebih dari 4 persen lebih tinggi setelah BMO menaikkan target harga pada saham.

Analyst Vibiz Research memperkirakan bursa Eropa akan bergerak lemah mencermati data manufaktur kawasan Eropa yang turun dan laba perusahaan yang mixed, namun akan mencermati pergerakan harga minyak mentah yang jika terus menguat dapat membantu kenaikan bursa Eropa.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here