Bursa Wall Street Berakhir Turun Terganjal Pelemahan Sektor Telekomunikasi

549

Bursa Saham AS ditutup turun pada akhir perdagangan hari Kamis, terganjal kinerja negatif sektor telekomunikasi.

Sektor jasa telekomunikasi ditutup 2,7 persen lebih rendah untuk memimpin sektor pada indeks S & P yang turun dan sektor hanya perawatan kesehatan yang positif. Indeks ditutup di bawah level psikologis 2.100.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup lebih dari 110 poin lebih rendah untuk berakhir di bawah kunci level psikologis 18.000 setelah saham Travelers turun 6 persen sebagai penyumbang terbesar dalam penurunan. Dow berada di atas level 18.000 pada Senin untuk pertama kalinya sejak Juli 2015.

Travelers melaporkan laba dari $ 2,30 per saham, turun 10 persen dari tahun-lalu, tergerus oleh badai hujan es di Texas pada bulan Maret. Badai di Texas diharapkan untuk menambah kerugian pada kuartal kedua untuk Travellers ‘dan asuransi lainnya, kata Reuters. Total pendapatan naik 1 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Saham Verizon ditutup 3,3 persen lebih rendah sebagai salah satu kontributor terbesar untuk penurunan di Dow Jones. Verizon mengatakan pemogokan yang sedang berlangsung oleh pekerja wireline yang diharapkan merugikan pendapatan di kuartal saat ini. Laba bersih kuartal pertama sesuai dengan perkiraan di tengah penjualan yang kuat, Reuters melaporkan.

Indeks Nasdaq ditutup hanya 2 poin lebih rendah tertekan saham Apple, yang jatuh hampir 1,1 persen ke wilayah bearish, atau lebih dari 20 persen di bawah 52 minggu intraday tertinggi.

Saham bioteknologi dan teknologi naik setelah laporan awal dari Biogen dan menjelang pendapatan dari Alphabet, Microsoft dan Starbucks setelah penutupan pasar. Laba Biogen melampaui ekspektasi, dibantu oleh pemotongan biaya agresif, kata Reuters.

Indeks Dow transportasi ditutup 1,2 persen lebih rendah, jatuh kembali ke wilayah koreksi, atau lebih dari 10 persen di bawah 52 minggu intraday tertinggi. United Continental turun hampir 10 persen sebagai penurun terbesar.

United Continental melaporkan laba dari 88 sen per saham, penurunan lebih dari 33 persen dari periode yang sama tahun lalu, sedangkan pendapatan turun 4,8 persen. Pendapatan kuartal pertama passenger revenue per available seat mile (PRASM) turun 7,4 persen dan perusahaan mengatakan itu bisa menurun sebanyak 8,5 persen dalam kuartal saat ini.

Lihat : Bursa Wall Street Berakhir Positif Terbantu Kenaikan Minyak Mentah

Dalam berita ekonomi AS, Indeks Fed Philly minus 1,6 pada bulan April. Klaim pengangguran mingguan datang di 247.000, terendah sejak tahun 1973.

Harga minyak mentah berjangka AS turun $ 1, atau 2,26 persen, pada $ 43,18 per barel, tertekan oleh beberapa kekuatan dalam dolar dan hasil mengecewakan indeks Fed Philly.

Saham Eropa mixed setelah Bank Sentral Eropa mempertahankan suku tidak berubah dan Presiden ECB Mario Draghi mengatakan ia mengharapkan suku bunga tetap pada tingkat saat ini atau lebih rendah untuk periode yang diperpanjang, menurut Dow Jones.

Draghi juga mengatakan risiko terhadap pertumbuhan kawasan euro tetap miring ke sisi negatifnya, dan bahwa tingkat inflasi bisa berubah negatif lagi dalam beberapa bulan mendatang sebelum mengambil pada semester kedua tahun ini, Dow Jones melaporkan. Dia menambahkan sangat penting untuk mempertahankan akomodasi yang tepat selama diperlukan.

Dalam berita ekonomi AS lainnya, Indeks Harga Perumahan FHFA menunjukkan kenaikan 0,4 persen pada Februari, setelah revisi kenaikan 0,4 persen ke bawah pada bulan Januari.

Lead indicator pada Maret naik 0,2 persen.

Hasil Treasury diadakan lebih tinggi, dengan yield 2-tahun di dekat 0,80 persen dan yield 10-tahun sekitar 1,87 persen. Sebelumnya, kedua hasil memukul tertinggi sejak akhir Maret.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup turun 113,75 poin, atau 0,63 persen, di 17,982.52, dengan penurunan tertinggi saham Travelers dan saham IBM yang naik tertinggi.

Indeks S & P 500 ditutup turun 10,92 poin, atau 0,52 persen, pada 2,091.48, dengan sektor telekomunikasi memimpin sembilan sektor yang lebih rendah dan hanya sektor perawatan kesehatan yang positif.

Indeks Nasdaq ditutup turun 2,24 poin, atau 0,05 persen, pada 4,945.89.

Malam nanti akan dirilis data ekonomi Markit Manufacturing PMI Flash AS bulan April yang diindikasikan menguat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street bergerak positif jika data ekonomi menguat, namun perlu diperhatikan pergerakan bursa global dan harga minyak mentah.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here