Klaim Pengangguran Turun Terendah Sejak 1973

277

Jumlah orang Amerika yang mengajukan tunjangan pengangguran secara tak terduga turun minggu lalu, menyentuh level terendah sejak 1973, menunjukkan perlambatan tajam dalam pertumbuhan ekonomi pada kuartal pertama bisa bersifat sementara.

Sementara laporan lain pada hari Kamis menunjukkan melemahnya aktivitas pabrik di wilayah pertengahan Atlantik pada bulan April, namun produsen cukup optimis tentang prospek bisnis dalam enam bulan ke depan. Ini, bersamaan dengan penguatan pasar tenaga kerja menjadi pertanda baik untuk kenaikan dalam pertumbuhan ekonomi pada kuartal kedua.

Klaim awal untuk tunjangan pengangguran negara menurun 6.000 menjadi 247.000 untuk pekan yang berakhir 16 April sebagai pembacaan terendah sejak November 1973, kata Departemen Tenaga Kerja. Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan klaim naik 263,000 pada minggu terakhir.

united-states-jobless-claims

Klaim pengangguran sekarang telah di bawah 300.000, ambang batas yang terkait dengan kondisi pasar tenaga kerja yang sehat, selama 59 minggu, terpanjang sejak 1973. Kekuatan pasar tenaga kerja datang meskipun tanda-tanda bahwa pertumbuhan tersandung pada kuartal pertama.

Ekonomi telah tertekan oleh dolar yang kuat dan permintaan global yang lemah, yang telah mengikis ekspor. Harga minyak yang lebih rendah juga menjadi kendala, karena mereka telah melemahkan keuntungan dari perusahaan-perusahaan energi, memaksa mereka untuk memangkas pengeluaran pada proyek-proyek modal.

Dengan pertumbuhan yang lemah dan inflasi rendah, kekuatan pasar tenaga kerja mungkin tidak cukup untuk memicu Federal Reserve menaikkan suku bunga pada kecepatan bertahap. The Fed mengangkat suku bunga pada bulan Desember untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade dan pembuat kebijakan baru-baru ini memperkirakan hanya dua kenaikan suku bunga lebih tahun ini.

Dalam laporan terpisah, Philadelphia Federal Reserve mengatakan indeks kondisi bisnis turun ke -1,6 bulan ini dari pembacaan 12,4 pada bulan Maret. Namun indikator survei dari aktivitas masa depan menunjukkan perbaikan lanjutan – dengan meningkatnya harapan untuk peningkatan pesanan, pengiriman dan pekerjaan pabrik.

united-states-philadelphia-fed-manufacturing-index

Klaim pergerakan rata-rata empat minggu, dianggap sebagai ukuran yang lebih baik dari tren pasar tenaga kerja karena volatilitas minggu-ke-minggu, turun 4.500 ke 260.500 minggu lalu.

Laporan klaim mengcover survey mingguan April untuk payrolls non pertanian. Klaim pergerakan rata-rata empat minggu naik 1.000 antara periode survei bulan Maret dan April, menyiratkan bulan lain yang kuat dari keuntungan kerja. Gaji meningkat 215.000 pada bulan Maret.

Laporan klaim juga menunjukkan jumlah orang masih menerima manfaat setelah bantuan awal minggu turun 39.000 menjadi 2,14 juta pada pekan yang berakhir tanggal 9 April sebagai level terendah sejak November 2000.

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here