Dividen AUTO Dibagi Lebih Sedikit, Sahamnya Kontraksi

255

Pergerakan saham PT Astra Otopart Tbk (AUTO) mengakhiri perdagangan sesi pertama awal pekan ini berada di zona merah setelah akhir pekan lalu bergerak flat. Sejak perdagangan pertengahan bulan Maret saham bergerak konsolidasi dengan trend penguatan, dan secara fundamental kinerja keuangan perseroan sedang merosot.

Setelah dilaporkan bulan lalu laba yang diterima untuk periode tahun buku 2015 berkurang cukup banyak dari tahun sebelumnya, perseroan akan membagikan dividen pada tanggal 25 Mei 2016 dengan jumlah yang lebih sedikit juga. Tahun lalu AUTO bagikan dividen sebesar Rp48 per lembar saham sedangkan tahun ini hanya dibagikan sebesar Rp17 perlembar saham.

Tahun lalu perseroan hanya menerima laba   bersih Rp318 miliar di  sedangkan di tahun 2014 berhasil mencapai Rp869 miliar. Buruknya kinerja tersebut disebabkan berkurangnya pendapatan perusahaan meski pada tahun tersebut berhasil kurangi beban pokoknya. Pendapatan persrroan hanya Rp11,7 triliun atau turun dari tahun 2014 yang mencapai Rp12,2 triliun .

Untuk pergerakan sahamnya pada perdagangan hari Senin (25/04), AUTO dibuka pada level 1710 setelah pada penutupan perdagangan sebelumnya berada pada level 1700  dan kini bergerak kuat pada kisaran 1735 atau naik 2,06% dengan volume perdagangan saham baru mencapai 1300  lot saham.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal,  saham AUTO  diakhir pekan bergerak flat dengan indikator MA bergerak naik   dengan indikator Stochastic keluar dari area jenuh belinya. Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak flat didukung oleh +DI yang juga flat  dan  menunjukan pergerakan AUTO terbatas. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, diprediksi rekomendasi trading hari ini pada target level support di level 1970  hingga target resistance di level 1985.

 

 

H Bara/VMN/VBN/  Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here