Kepercayaan Bisnis Jerman Bulan April Menurun

399

Kepercayaan bisnis Jerman secara tak terduga turun sebagai tanda terbaru bahwa negara ekonomi terbesar Eropa tersebut sedikit melambat.

Indeks iklim bisnis Ifo institute yang berbasis di Munich turun ke 106,6 di bulan April dari 106,7 pada bulan sebelumnya. Estimasi median dalam survei Bloomberg oleh para ekonom adalah untuk peningkatan ke 107,1.

germany-business-confidence (1)

Bundesbank mengatakan pekan lalu bahwa melihat momentum perlambatan ekonomi kuartal ini setelah ekspansi yang kuat dalam tiga bulan pertama tahun ini. Tekanan global yang tetap menjadi perhatian meskipun ekonomi di Tiongkok, terbesar ketiga partner perdagangan Jerman, menunjukkan tanda-tanda kemantapan setelah perlambatan yang disebabkan gejolak di pasar internasional tahun lalu.

Sedangkan ukuran situasi saat ini di Jerman memburuk ke 113,2 dari 113,8, laporan Ifo menunjukkan.

Sedangkan ukuran ekspektasi naik menjadi 100,4 dari 100.

Sektor manufaktur dan jasa turun sedikit pada bulan April, meninggalkan ekonomi dalam fase pertumbuhan “spektakuler”, Markit mengatakan pada hari Jumat saat merilis survei pembelian manajer. Pengangguran tidak berubah pada bulan Maret, peningkatan dari lima penurunan berturut-turut, sebagai pengusaha berjuang untuk menyerap gelombang pengungsi.

Lihat : Aktifitas Manufaktur Dan Jasa Jerman Turun Terendah 9 Bulan

Meski begitu, kepercayaan investor Jerman naik ke level tertinggi tahun ini pada bulan April karena kekhawatiran atas Tiongkok mereda dan Bank Sentral Eropa menambahkan stimulus untuk kawasan euro, sebuah laporan oleh ZEW Pusat Penelitian Ekonomi Eropa menunjukkan pekan lalu.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here