Tingkat Inflasi Singapura Turun 17 Bulan Berturut

522

Tingkat inflasi Singapura turun untuk 17 bulan berturut-turut di bulan Maret, sebagai periode terpanjang dari penurunan, karena pengaruh harga minyak yang lebih rendah dan melemahnya ekonomi.

Harga konsumen turun 1 persen dari tahun sebelumnya dengan biaya transportasi dan perumahan turun lagi, kata badan statistik Singapura dalam rilis pada hari Senin (25/04). Sebelumnya inflasi turun 0,8 persen pada bulan Februari, dan estimasi median untuk penurunan 1 persen dalam survei oleh 20 ekonom Bloomberg News. Inflasi inti, yang tidak termasuk biaya transportasi dan akomodasi swasta, berada di 0,6 persen bulan lalu.

singapore-inflation-cpi (2)

Rekor kemerosotan inflasi adalah tanda terbaru dari ekonomi yang bergejolak. Pertumbuhan produk domestik bruto datar secara tahunan pada kuartal pertama dibandingkan dengan tiga bulan sebelumnya, Kementerian Perdagangan mengatakan awal bulan ini, juga Otoritas Moneter Singapura tiba-tiba melonggarkan kebijakannya, mengadopsi pendekatan terakhir yang digunakan pada krisis keuangan global tahun 2008.

“Kemerosotan harga minyak tentunya merupakan salah satu faktor kunci untuk inflasi negatif,” kata DBS Group Holdings Ltd dalam sebuah catatan penelitian sebelum rilis data. “Tapi perlambatan momentum pertumbuhan dan dampak dari langkah-langkah makroprudensial sebelumnya pada pembelian perumahan dan mobil juga memiliki dampak yang signifikan.”

Lihat : Dollar Singapura Masuki Pelemahan 3 Hari Berturut

DBS memperkirakan penurunan rata-rata 0,2 persen pada harga konsumen pada tahun 2016. Bank sentral mengatakan dalam Pernyataan Kebijakan Moneter pada 14 April bahwa inflasi inti harus naik “secara bertahap” sepanjang tahun dari perkiraan sebelumnya.

Untuk keseluruhan tahun 2016, inflasi inti cenderung berada di bawah setengah dari perkiraan kisaran 0,5 persen hingga 1,5 persen, menahan kenaikan tajam harga minyak dunia, kata pihak berwenang.

Harga mobil dan sewa perumahan akan terus meredam tekanan inflasi secara keseluruhan, dan inflasi mungkin akan tetap negatif sepanjang 2016 dengan rata-rata -1 persen hingga 0 persen untuk seluruh tahun.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here