Akhir Bursa Seoul 26 April Terangkat Kinerja Saham Teknologi Dan Perkapalan

723
indeks kospi

Pada penutupan perdagangan bursa saham Korea Selatan Selasa (26/04), indeks Kospi ditutup naik 5,08 poin, atau 0,25 persen, ke 2,019.63. Penguatan indeks Kospi terdukung kinerja positif saham teknologi dan perkapalan.

Lihat : Awal Indeks Kospi 26 April Tergerus Perlambatan Pertumbuhan Domestik

Pada akir perdaganan sore ini, saham Samsung Electronics naik 1,17 persen setelah analis memproyeksikan pandangan optimis untuk pendapatan kuartal pertama di belakang penjualan yang kuat dari seri Galaxy S7. Laporan pendapatan Samsung akan dirilis pada hari Kamis.

Sedangkan saham SK Hynix, pembuat chip terbesar kedua di dunia, melonjak 6 persen meskipun laba kuartal pertama lesu karena investor menimbang rencana investasi untuk meningkatkan kapasitas produksi chip memori tahun ini.

Pembuat kapal bangkit kembali dari kerugian berat setelah regulator negara mengangkat tekanan pada perusahaan yang mengalami kesulitan keuangan dengan upaya mempercepat restrukturisasi.

Saham Hyundai Heavy Industries, pembuat kapal terbesar di dunia, naik 3,21 persen setelah laba bersih kuartal pertama dirilis sebelum tengah hari naik untuk mengurangi biaya dan peningkatan dalam bisnis non-kapal tersebut.

Sebaliknya, saham keuangan merosot karena pemerintah mendesak bank-bank lokal untuk mengambil langkah-langkah berani untuk memilah perusahaan yang merugi di sektor industri berat.

Saham KB Financial Group, kelompok perbankan dengan aset terbesar, kehilangan 2,19 persen dan Bank Industri yang dikelola negara Korea turun 2,34 persen.

Pinjaman gabungan oleh lima perusahaan galangan kapal dan pelayaran mengikuti program restrukturisasi yang dipimpin pemerintah sebesar hampir 20 triliun won menurut sumber industri.

Sedangkan untuk indeks kospi berjangka terpantau naik 0,70 poin atau 0,28% pada 249.20, turun dari posisi penutupan sebelumnya pada 248.50.

Esok pagi akan dirilis data ekonomi Consumer Confidence yang diperkirakan meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya indeks Kospi berpotensi menguat jika data Consumer Confidence menguat, namun perlu mencermati pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah yang dapat mempengaruhi pergerakan bursa Seoul. Indeks Kospi diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 245.64-242.83 dan kisaran Resistance 251.64-254.83.


Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center

Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here