Awal Indeks Shanghai 26 April Tertekan Ekonomi Domestik Jelang Pertemuan The Fed

305
shanghai index

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Selasa (26/04), Indeks Shanghai dibuka negatif, bergerak naik turun, saat ini terpantau turun -3,11 poin atau -0,11 persen pada 2943.56. Pelemahan indeks Shanghai dengan masih adanya kekuatiran ekonomi Tiongkok dan kewaspadaan investor menantikan pertemuan The Fed.

Lihat : Akhir Negatif Indeks Shanghai 25 April Tertekan Kekuatiran Ekonomi Domestik

Kekuatiran ekonomi Tiongkok masih terus muncul dengan semakin meningkatnya beban utang perusahaan dan negara tirai bambu tersebut.

Standard & Poor dan Moody Investors Service memangkas proyeksi jangka panjang rating kredit Tiongkok menjadi negatif bulan lalu, mengutip melonjaknya beban utang negara dan kekhawatiran bahwa pemerintah tidak akan dapat melaksanakan reformasi.

Kredit baru Tiongkok meningkat 4,6 triliun yuan ($ 712.000.000.000) pada kuartal pertama, melebihi tingkat kedalaman selama krisis keuangan global 2009. Total utang dari perusahaan, pemerintah dan rumah tangga adalah 247 persen dari produk domestik bruto tahun lalu, naik dari 164 persen pada 2008, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Lihat : Peningkatan Kredit Berpotensi Menekan Ekonomi Tiongkok

The Fed, yang mengangkat suku bunga acuan pada bulan Desember untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade, akan bertemu pada hari Rabu dan Kamis dinihari akan menetapkan tingkat suku bunganya.

Pembuat kebijakan diperkirakan mempertahankan suku bunga ketika mereka bertemu pekan ini, tetapi mungkin mengubah deskripsi prospek ekonomi mereka untuk mencerminkan kondisi yang lebih baik, meninggalkan jalan terbuka untuk kenaikan suku bunga mendatang.

Sebuah jajak pendapat Reuters menunjukkan pada hari Jumat bahwa ekonom memperkirakan The Fed akan menaikkan suku bunga pada bulan Juni, dan menindaklanjuti dengan kenaikan yang lain pada akhir tahun ini.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai diperkirakan berpotensi melemah terbatas dengan kekuatiran ekonomi domesatik dan kewaspadaan menantikan pertemuan The Fed, kecuali ada stimulus yang menguatkan ekonomi domestik. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2854-2757 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3034-3131.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here