Harga Karet Tocom 26 April Terangkat Kenaikan Minyak Mentah

428

Harga karet Tocom pada perdagangan menjelang akhir sesi Selasa siang (26/04) bergerak naik. Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu September 2016 menguat terbantu kenaikan harga minyak mentah.

Harga minyak mentah berjangka naik pada sesi perdagangan Asia hari Selasa (26/04), didorong oleh pelemahan dolar AS, tetapi analis memperingatkan bahwa fundamental tetap lemah sebagai dengan perlombaan peningkatan produksi di Timur Tengah.

Dollar AS ditutup melemah pada akhir perdagangan kemarin, turun 0,36 persen pada 94.77. Siang ini terpantau indeks dollar AS melemah 0,03 persen. Pelemahan dolar AS dipengaruhi sinyal dovish untuk pertemuan Federal Reserve AS,  dan melemahnya data perumahan baru AS.

Harga minyak mentah berjangka AS naik 39 sen pada $ 43,03. Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent kontrak bulan depan diperdagangkan pada $ 44,84 per barel pada 0054 GMT, naik 36 sen dari posisi terakhir mereka.

Lihat : Harga Minyak Mentah Sesi Asia Terangkat Pelemahan Dollar AS

Kenaikan harga minyak mentah membuat biaya produksi karet sintetis menjadi lebih mahal. Dampaknya permintaan terhadap komoditas karet alami seperti yang diperdagangkan di Tocom mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Oktober 2016 siang ini berakhir naik sebesar 0,7 yen pada posisi 201,70 yen per kilogram, naik dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya pada 201,00 yen per kilogram.

Lihat : Harga Karet Tocom 25 April Berakhir Naik Mengabaikan Sentimen Bearish

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan selanjutnya hari ini berpotensi melemah terbatas dengan penguatan yen dan pelemahan minyak menta akibat kekuatiran kekenyangan pasokan global.

Untuk sesi perdagangan sore ini harga diperkirakan akan menemui level Support di posisi 197,00 yen. Support selanjutnya ada di 192,00 yen. Sementara itu jika harga menguat akan menemui Resistance di posisi 207,00  yen dan 212,00  yen.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here