Meski Bisnis Menguntungkan, Saham NISP Sepi Order

504

Ditengah perdagangan bursa saham hari Rabu (27/04), saham PT OCBC NISP Tbk (NISP) berhasil melaju ke posisi harian tertinggi sejak perdagangan awal bulan Maret. Penguatan saham ini disupport oleh aksi investor asing yang mencetak net buy cukup besar merespon positif kinerja keuangan NISP yang cukup mengesankan dibandingkan periode sebelumnya.

Dalam 3 bulan pertama bisnisnya tahun ini, NISP mendapatkan untung sebesar Rp 457 miliar yang mengalami peningkatan laba bersih hingga 23 persen lebih dari tahun sebelumnya periode yang sama. Kinerja lainnya terlihat juga pada pertumbuhan kredit hingga 22% mencapai Rp85 triliun, disusul dengan meningkatnya dana pihak ketiga mencapai Rp 89,6 triliun.

Kinerja yang cukup mengesankan pasar tersebut mendapat support dari usaha perseroan optimalkan aset, terlihat dari meningkatnya  CAR ke posisi  18,0%, ROE 11%, ROA diposisi 2% serta NPL yang ada di posisi 1,8%. 

Melihat kinerja tahun 2015, pertumbuhan kredit sebesar 26% menjadi Rp 85,9 triliun dan simpanan pihak ketiga meningkat sebesar 20% menjadi Rp 87,3 triliun disamping aset bertumbuh 17% menjadi Rp 120 triliun pada akhir tahun 2015. 

Untuk pergerakan sahamnya di lantai bursa perdagangan saham pada Rabu (27/04) saham NISP dibuka pada level 1365 setelah pada penutupan perdagangan sebelumnya berada pada level 1300 dan volume perdagangan siang ini baru  mencapai 1 lot saham saja dengan pergerakan saham positif.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham NISP sebelumnya bergerak flat dengan indikator MA mulai bergerak naik  dan  indikator Stochastic konsolidasi di area jenuh belinya.  Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak datar dengan +DI yang  bergerak datar juga yang menunjukan pergerakan NISP sideways . Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, rekomendasi trading hari ini wait and see saja.

 

 

Lens Hu/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here