Optimisme Konsumen Jerman Diproyeksikan Meningkat Bulan Mei

363

Optimisme konsumen Jerman diproyeksikan meningkat secara signifikan pada Mei dari April, didorong oleh pandangan yang lebih optimis akan ekonomi.

Kelompok riset pasar GfK, Rabu (27/04) mengatakan indeks sentimen konsumen ke depan yang akan mencapai 9,7 poin pada Mei, naik dari 9,4 poin pada bulan April. Pembacaan Mei merupakan yang tertinggi sejak September ketika mencapai 9,9 poin. Ekonom dalam survei oleh The Wall Street Journal memperkirakan indeks untuk datang pada 9,4 poin.

germany-consumer-confidence (1)

Perkiraan terbaru mendukung perkiraan GfK pada awal tahun bahwa konsumsi swasta di Jerman akan naik sekitar 2% pada tahun 2016, setelah meningkat 1,9% tahun lalu, sehingga menjadi pilar penting dari ekonomi Jerman, kata GfK.

“Kondisi domestik mendasari, seperti kenaikan lapangan kerja, pertumbuhan pendapatan dan inflasi sangat moderat, akan terutama berpengaruh untuk memastikan hal ini terjadi,” kata GfK.

Lihat : Kepercayaan Bisnis Jerman Bulan April Menurun

GfK menggunakan tiga sub-indeks untuk menetapkan angka sentimen untuk bulan mendatang. Pada bulan April semua tiga sub-indeks naik dari Maret.

Sub-indeks ekspektasi ekonomi naik menjadi 6,3 poin pada bulan April dari 0,5 poin pada bulan Maret, sementara ekspektasi penghasilan meningkat ke level tertinggi sembilan bulan pada 57,5 ​​poin dari 50,5 poin.

Konsumen menunjukkan keinginan kuat untuk membeli barang besar, dengan sub-indeks “kecenderungan untuk membeli” meningkat menjadi 55,4 poin pada April dari 50,0 poin pada Maret, kata GfK.

“Kecenderungan untuk membeli jelas bisa mendapatkan keuntungan dari keputusan Bank Sentral Eropa pada bulan Maret untuk membuka kembali pelonggaran moneter,” kata GfK, menambahkan bahwa penghematan terus menjadi alternatif menarik.

 

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here