Pertumbuhan Ekonomi Inggris Q1-2016 Melambat

659

Pertumbuhan Ekonomi Inggris menghasilkan perlambatan di kuartal pertama tahun 2016 tergerus penurunan dalam industri manufaktur dan konstruksi.

The Office for National Statistics (ONS) mengatakan pada Rabu (27/04), produk domestik bruto (PDB) tumbuh sebesar 0,4% dalam tiga bulan pertama 2016, turun dari 0,6% pada kuartal keempat tahun lalu.

united-kingdom-gdp-growth (1)

Penurunan pada pertumbuhan didorong sebagian oleh kinerja yang buruk dari industri manufaktur, yang turun 0,4% dalam tiga bulan pertama tahun ini dibandingkan dengan kenaikan 0,1% di kuartal sebelumnya. Secara keseluruhan produksi turun 0,4% antara Januari dan Maret.

Industri konstruksi Inggris juga turun kembali di kuartal pertama, jatuh 0,9% dibandingkan dengan peningkatan sebesar 0,3% pada kuartal keempat.

Lihat : Penjualan Ritel Maret Inggris Merosot

Tapi yang menjadi penopang adalah sektor jasa Inggris, yang menyumbang lebih dari 78% dari perekonomian Inggris, membuat dasar yang kuat, naik 0,6% pada kuartal pertama.

Hasil tersebut terjadi menyusul indeks untuk layanan menunjukkan bahwa produksi meningkat sebesar 0,1% antara Januari dan Februari tahun ini, tingkat pertumbuhan yang sama seperti antara Desember dan Januari setelah ONS merevisi turun angka sebesar 0,1 poin persentase.

Kepala ekonom ONS Joe Grice mengatakan estimasi awal untuk PDB kuartal pertama menunjukkan ekonomi Inggris telah melambat.

“Pertumbuhan angka hari ini menunjukkan telah melambat dibandingkan dengan kecepatan hingga ke pertengahan tahun lalu. Layanan terus mendukung ekonomi tetapi sektor lain telah menunjukkan penurunan produksi kuartal ini,” tambahnya.

 

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here