Saham Industri Gagal Jatuhkan IHSG, Saham Astra Biang Keroknya

339

Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan  perdagangan hari Rabu (27/04)  berhasil dihijaukan oleh aksi bargain hunting  investor lokal, sedangkan investor asing banyak melakukan profit taking saham-saham yang laporan kinerja keuangan kuartalannya memburuk. Penguatan  rupiah sepanjang hari belum berhasil memikat  investor asing yang mencetak net sell sebesar Rp365 miliar. 

Lihat:    IHSG 27 April Berakhir Naik Terdorong Penguatan Rupiah

Perdagangan hari ketiga pekan ini, IHSG ditutup naik 0,66 persen pada 4845,66 dan indeks saham unggulan LQ45 juga  ditutup naik 0,54% ke posisi 835.29. Reboundnya  IHSG hari ini disupport oleh penguatan 8 sektor yang dipimpin oleh sektor consumer dan infrastructure.

Lihat:   Denyut Sektoral IHSG : Ditopang Sektor Konsumer, Saham HMSP Naik Tertinggi

Selain sektor consumer dan infrastructure,  sektor-sektor yang tinggikan  IHSG hari ini datang dari sektor finance, sektor mining, sektor property, sektor trade, sektor manufacture dan agri.  Adapun saham unggulan yang perkuat   indeks 8 sektor tersebut yaitu saham GGRM, UNVR, KLBF, TLKM,  EXCL, TBIG, BMRI, BBTN, INCO, ADRO dan AKRA.  Sedangkan saham unggulan di 8 sektor tersebut yang berusaha tekan IHSG yaitu saham ICBP, INDF, BBNI, ANTM, WIKA, PTPP, ADHI dan AALI.

Dari 10 sektor yang diperdagangkan 2 sektor melemah  dan   gagal  jatuhkan IHSG yang dipimpin oleh sektor industri dasar dan aneka industri.

Sektor aneka industri  turun  4,37%  setelah perdagangan sebelumnya menurun   0,6 persen, saham-saham yang  jatuhkan  sektor ini  yaitu saham SMSM, ADMG dan ASII.  Sedangkan saham yang  berusaha perkuat sektor ini yaitu saham  INDS, MASA, GJTL dan INDR.

Sektor industri dasar turun  0,14%  setelah perdagangan sebelumnya menurun 1,7  persen, saham-saham yang  tinggikan  sektor ini  yaitu saham KRAS, SMGR, SMCB dan TKIM.Sedangkan saham yang  berusaha lemahkan  sektor ini yaitu saham  SMGR, KRAS, SMCB dan TKIM.

Dari semua saham yang berusaha menekan IHSG hari ini, tampak saham-saham Astra Group yang dominan alami pelemahan kuat. Sentimen yang melemahkan saham-saham tersebut yaitu kinerja keuangan ASII yang buruk.

Lihat: Investor Asing Jual Ratusan Miliar Saham ASII Karena Bisnis Menurun

 

 

Lens Hu/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here