IHSG 28 April Sesi 1 Turun Tipis Setelah Pengumuman Kebijakan BOJ

603

Memasuki sesi 1 perdagangan IHSG Kamis (28/04), IHSG turun tipis -6,05 poin atau -0,12% pada 4839,60. Pelemahan IHSG terdorong aksi profit taking investor asing terpicu kebijakan BOJ untuk menghentikan pelonggaran moneternya.

Bank of Japan mempertahankan kebijakan moneter tidak berubah pada Kamis (28/04) tapi menurunkan prospek pertumbuhan ekonomi dan harga lagi, memaksanya untuk mendorong kembali kerangka waktu untuk mencapai target inflasi 2%.

BOJ memutuskan melalui skor pemungutan suara 8-1 untuk terus meningkatkan basis moneter negara sebesar 80 triliun yen ($ 718.700.000.000) tahunan melalui pembelian obligasi pemerintah dan aset berisiko, seperti dana yang diperdagangkan di bursa.

Sedangkan keputusan untuk mempertahankan suku bunga -0,1% pada skor 7-2, keputusan ini berlaku untuk pengadaan beberapa kelebihan cadangan di bank melalui lembaga keuangan.

Lihat : Keputusan BOJ Tidak Melanjutkan Pelonggaran Moneter Mengejutkan Pasar

Sementara itu siang ini terpantau sebagian besar indeks utama kawasan Asia berada di zona merah setelah keputusan BOJ tidak melanjutkan pelonggaran kebijakan moneternya. Hanya indeks Hang Seng dan ASX 200 yang berada di wilayah positif.

Sebelumnya pagi tadi IHSG bergerak positif terdukung aksi beli saham investor lokal terpicu keputusan The Fed mempertahankan suku bunganya.

The Federal Reserve AS mengumumkan pada Rabu (27/04) waktu setempat atau Kamis dinihari tadi untuk mempertahankan suku bunga AS tetap pada 0,5%.

Federal Open Market Committee (FOMC) dalam pernyataan yang dirilis setelah pertemuan dua hari minggu ini menyatakan kegiatan ekonomi terlihat melambat dan pertumbuhan belanja rumah tangga tumbuh moderat, meskipun pendapatan riil rumah tangga telah meningkat pada tingkat yang mantap dan sentimen konsumen tetap tinggi. Hal tersebut mendasari keputusan The Fed mempertahankan suku bunga AS tetap.

Lihat : The Fed AS Pertahankan Suku Bunga Tetap, Akankah Naik Bulan Juni?

IHSG siang ini tertekan oleh 6 sektor yang negatif, dengan penurunan tertinggi pada sektor Infrastruktur yang turun sebesar -1,62%. Pada sesi 1 siang ini tercatat 148 saham menguat, sedangkan 129 saham melemah. Sampai siang ini terjadi transaksi perdagangan sebanyak 4,37 miliar saham dengan nilai mencapai 3,27 triliun, dengan frekuensi perdagangan sebanyak 157.159 kali.

Lihat : IHSG 28 April Bergerak Positif Menyambut Keputusan Suku Bunga AS Tetap

Siang ini aksi profit taking investor asing masih terus berlanjut. Tercatat siang ini dana asing yang keluar pasar modal mencapai Rp. 230,48 miliar.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan IHSG berpotensi menguat terbatas dengan lanjutan aksi beli saham investor. IHSG diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 4807-4775, dan kisaran Resistance 4874-4906.

 

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here