Indeks Hang Seng 28 April Bergerak Naik Turun Merespon Kebijakan BOJ

344
indeks hang seng
Photo by Vibizmedia

Pada awal perdagangan bursa Hong Kong Kamis (28/04), indeks Hang Seng dibuka positif, saat ini terpantau naik 19,09 poin atau 0,09% pada 21380.69. Penguatan indeks Hang Seng setelah The Fed mempertahankan suku bunga AS tetap. Namun kenaikan tersebut sedikit tertekan setelah BOJ menahan memperluas stimulus kebijakan moneternya.

Lihat : Bursa Hong Kong 27 April Tergerus Defisit Perdagangan Dan Kewaspadaan Pertemuan Fed

The Federal Reserve AS mengumumkan pada Rabu (27/04) waktu setempat atau Kamis dinihari tadi untuk mempertahankan suku bunga AS tetap pada 0,5%.

Federal Open Market Committee (FOMC) dalam pernyataan yang dirilis setelah pertemuan dua hari minggu ini menyatakan kegiatan ekonomi terlihat melambat dan pertumbuhan belanja rumah tangga tumbuh moderat, meskipun pendapatan riil rumah tangga telah meningkat pada tingkat yang mantap dan sentimen konsumen tetap tinggi. Hal tersebut mendasari keputusan The Fed mempertahankan suku bunga AS tetap.

Lihat : The Fed AS Pertahankan Suku Bunga Tetap, Akankah Naik Bulan Juni?

Namun kenaikan tersebut tertahan setelah BOJ menetapkan suku bunga Jepang tetap pada -0,1 persen, tidak berubah dari sebelumnya.

Pada pagi ini saham-saham yang naik tertinggi adalah saham Sino Land Co Ltd yang naik 2,45%, saham Cheung Kong Property Holdings Ltd naik 1,49%, saham PetroChina Co Ltd naik 1,55%, saham China Mengniu Dairy Co Ltd naik 1,50%, saham China Resources Power Holdings Co Ltd naik 1,06%.

Sementara itu pergerakan indeks berjangka Hang Seng pagi ini terpantau naik 156,00 poin atau 0,73% pada 21,446.00, naik dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 21,290.00.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan indeks Hang Seng selanjutnya berpotensi menguat terbatas dengan keputusan The Fed mempertahankan suku bunga, namun bisa bergerak negatif dengan BOJ tidak melonggarkan kebijakan moneternya. Pergerakan bursa Tiongkok bisa menjadi penentu, yang jika terus melemah akan menekan bursa Hong Kong. Indeks Hang Seng diperkirakan akan bergerak di kisaran Support 20.826-20.329 dan kisaran Resistance 21.819-22.366.

 

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here