Jumlah Pengangguran Jerman Turun Tujuh Bulan Berturut

306

Jumlah pengangguran Jerman memperpanjang penurunan, menggarisbawahi kekuatan pasar tenaga kerja sebagai ekonomi terbesar Eropa ini berusaha untuk menyerap gelombang pengungsi.

Jumlah orang yang kehilangan pekerjaan turun disesuaikan secara musiman 16.000 menjadi 2.706.000 di bulan April, data dari Badan Tenaga Kerja Federal Nuremberg menunjukkan Kamis (28/04). Hasil ini merupakan penurunan ketujuh berturut-turut, dan membandingkan dengan estimasi median dalam survei Bloomberg untuk tidak ada perubahan. Tingkat pengangguran tinggal di 6,2 persen, tingkat terendah sejak reunifikasi Jerman.

germany-unemployment-change

Sinyal pembacaan menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi Jerman cukup kuat untuk mendorong perusahaan untuk memasuki pekerja potensial yang meningkat setelah negara itu memgadopsi lebih dari 1 juta migran di tahun 2015. Pasar tenaga kerja telah menjadi landasan pemulihan bangsa, mendukung permintaan domestik saat ekspor goyah dalam menghadapi perlambatan global.

Jumlah orang yang kehilangan pekerjaan turun 7.000 di Jerman barat dan oleh 9000 di bagian timur negara itu, laporan tersebut menunjukkan.

Lihat : Aktifitas Manufaktur Dan Jasa Jerman Turun Terendah 9 Bulan

Sektor manufaktur dan jasa Jerman didinginkan sedikit pada bulan April, meninggalkan ekonomi dalam fase pertumbuhan “spektakuler”, Markit mengatakan pekan lalu setelah menerbitkan survei manajer pembelian perusahaan. Bundesbank melihat momentum perlambatan ekonomi kuartal ini setelah ekspansi yang kuat dalam tiga bulan pertama tahun ini.

Meski begitu, setelah tiga bulan berturut-turut penurunan, perusahaan Jerman yang berencana untuk merekrut lebih banyak staf dengan pemulihan terlihat di bidang manufaktur dan jasa, hasil yang diukur oleh lembaga Ifo yang berbasis di Munich pada hari Rabu.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here