Kejutan BOJ Membuat Yen Jepang Melonjak Tinggi

230

Mengamati pergerakan kurs yen Jepang pada perdagangan forex sesi Asia hari Kamis (27/04) berhasil rebound setelah bank sentral Jepang (BOJ) memutuskan akan meninggalkan suku bunga negatif meski pada bulan ini masih tetap di -0,1% dan menahan diri untuk menambah stimulusnya.  Pernyataan resmi BOJ ini sontak membuat pasar memburu aset safe haven ini sehinggga yen naik hingga 2 persen lebih mengalahkan dollar AS.

Pagi ini bank sentral Jepang mengejutkan pasar keuangan dunia dengan menahan untuk tidak memberikan stimulusnya pada ekonomi Jepang seperti yang sudah diharapkan sebelumnya. BOJ melihat kondisi ekonomi Jepang sedang melanjutkan pemulihan yang moderat meskipun ekspor dan impor negeri itu masih merosot.

Merespon kebijakan yang menggembirakan pasar ini membuat yen tidak hanya menguat terhadap dollar AS, juga menguat terhadap rival-rival lainnya. Pasar valas Jepang bersorak-sorak melihat respon dari kebijakan moneter BOJ bulan ini.

Lihat: Suramnya Usaha Rebound Dollar AS Sesi Asia 28 April

Pergerakan kurs yen  di  sesi Asia (03:00:35 GMT) menguat  terhadap dollar AS,  USDJPY dibuka kuat  pada  111,46  di   awal   perdagangan   (00.00 GMT),  kurs  yen naik 215 pips  atau 2,2% dan nilai pair bergulir  berada pada 109,35.

Untuk pergerakan pair hingga akhir perdagangan  sesi malam, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair USDJPY dapat turun lagi  ke kisaran  108.46-107,89, namun jika koreksi akan naik  ke kisaran 112,19- 112,66.

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here