Optimisme Konsumen Zona Euro Bulan Maret Meningkat

235

Optimisme ekonomi di kawasan euro naik pada bulan April, mengalahkan tiga bulan penurunan yang mengirim indeks ke level terendah dalam lebih dari satu tahun.

Sebuah ukuran kepercayaan konsumen meningkat menjadi 103,9 dari 103,0 pada bulan Maret, demikian dilaporkan Komisi Eropa di Brussels, Kamis (28/04). Para ekonom telah memperkirakan kenaikan untuk 103,4, menurut survei Bloomberg.

Kenaikan indikator sentimen menyusul pembacaan lemah pada awal tahun ini, ketika kekhawatiran pertumbuhan Tiongkok melanda pasar global. Sementara Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi mengatakan masih ada risiko penurunan prospek kawasan euro, data pada hari Jumat memproyeksikan untuk menunjukkan ekspansi 12 kuartalan dalam tiga bulan pertama tahun ini.

Lihat : Awal Bursa Eropa 28 April Turun Mencermati Kebijakan The Fed Dan BOJ

Bahkan dengan pertumbuhan ekonomi yang konsisten, tekanan deflasi global memiliki dampak. Harga di kawasan euro 19-negara mungkin mengalami stagnasi bulan ini secara tahunan, faktor yang memaksa ECB untuk menjaga perampingan stimulus.

Pada saat yang sama, rata-rata pengangguran di wilayah itu masih di atas 10 persen dan lebih dari dua kali lipat di beberapa negara. Pembacaanan untuk harga konsumen dan pengangguran zona euro juga dijadwalkan untuk Jumat.

Keyakinan antara konsumen meningkat menjadi minus 9,3 dari minus 9,7 bulan sebelumnya, laporan Kamis menunjukkan, sementara layanan, industri dan konstruksi juga meningkat.

 

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here