4 Sektor Yang Gagal Hijaukan IHSG Akhir Pekan

265

Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan  perdagangan akhir pekan (29/04)  kembali terkontraksi alias retreat dari penguatan perdagangan sebelumnya. Buruknya perdagangan saham hari ini disebabkan aksi investor asing menarik modalnya cukup besar dibandingkan dengan setoran modal investor lokal.  Pelemahan rupiah sepanjang hari membuat  investor asing  mencetak net sell sebesar Rp389 miliar. 

Lihat:    Rupiah Jumat Siang Terpangkas Terus Menuju Pelemahan Mingguan

Perdagangan hari terakhir  pekan ini, IHSG ditutup turun 0,2 persen pada 4838,58 dan indeks saham unggulan LQ45 juga  ditutup turun 0,2% ke posisi 833. Anjloknya IHSG hari ini dilemahkan  oleh  6 sektor yang dipimpin oleh sektor property dan agri.

Selain sektor property dan agri,  sektor-sektor yang hajar  IHSG hari ini juga datang dari sektor finance, sektor mining, sektor infrastructure, sektor basic industry.  Adapun saham unggulan yang jadi biang kerok anjloknya  indeks 6 sektor tersebut yaitu saham  WIKA, CTRA, BSDE, AALI, LSIP, TLKM, BBRI, BBTN, BBNI, BMRI, CPIN, INTP, SMGR, ITMG, ADRO, INCO dan PTBA.  Sedangkan saham unggulan di 6 sektor tersebut yang berusaha hijaukan IHSG yaitu sahamADHI, PTPP, TBIG, PGAS, JSMR, BBCA, dan ANTM.

Dari 10 sektor yang diperdagangkan 4 sektor menguat  dan  gagal  tinggikan IHSG yang dipimpin oleh sektor consumer dan manufacture.

Sektor consumer naik  0,47%  setelah perdagangan sebelumnya menguat  0,4 persen, saham-saham yang  tinggikan  sektor ini  yaitu saham INDF, KLBF, ICBP, ROTI dan KAEF.  Sedangkan saham yang  berusaha lemahkan  sektor ini yaitu saham  UNVER, GGRM, AISA.

Dari semua saham unggulan yang  menekan IHSG hari ini, tampak saham-saham Indofood Group yang masuk dalam top gainers. Sentimen yang tinggikan  saham-saham tersebut yaitu kinerja keuangan yang mengesankan.

Lihat: Mantapnya Bisnis Mie ICBP Angkat Sahamnya Tertinggi 1 Bulan

 

Lens Hu/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here