Bursa Hong Kong 29 April Berakhir Negatif; Mingguan Turun 2 Persen

311

Pada penutupan perdagangan akhir pekan Jumat (29/04), indeks Hang Seng di Bursa Hongkong ditutup turun –320,98 poin, atau -1,50 persen, ke 21067.05. Pelemahan indeks Hang Seng mengikuti pelemahan bursa Shanghai. Hasil negatif akhir pekan ini mengakumulasikan hasil mingguan negatif -1,9 persen.

Lihat : Indeks Hang Seng 29 April Tertekan Pelemahan Wall Street Dan Minyak Mentah

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Jumat (29/04), indeks Shanghai berakhir turun –7,14 poin, atau -0,24 persen, ke 2938.45. Pelemahan indeks Shanghai terpicu kehati-hatian investor menjelang libur hari buruh dan kekuatiran meningkatnya default obligasi dan volatilitas harga komoditas. Hasil negatif akhir pekan ini mengakumulasikan hasil penurunan -0,7 persen secara mingguan.

Investor telah menjadi semakin berhati-hati di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang kredit korporasi.

Volume perdagangan masih tipis, sedangkan pinjaman marjin luar biasa, dimana investor meminjam uang untuk membeli saham, jatuh selama tujuh hari berturut-turut.

Sebuah jajak pendapat Reuters menunjukkan bahwa manajer investasi Tiongkok mengurangi eksposur ekuitas untuk bulan ketiga berturut-turut, ke posisi terendah lima bulan dari 69,4 persen, sementara menyarankan investor untuk meningkatkan kepemilikan uang mereka.

Mencerminkan keprihatinan atas gagal bayar obligasi, manajer dana mengurangi bobot obligasi menjadi 6,3 persen.

Saham perbankan merosot setelah pemberi pinjaman Tiongkok membukukan pertumbuhan laba datar di tengah meningkatnya utang yang buruk. Industrial and Commercial Bank of China Ltd (ICBC), pemberi pinjaman terbesar Tiongkok, turun 1,6 persen.

Sementara itu pergerakan indeks berjangka Hang Seng naik 181 poin atau 0,85% pada  21,471.00, naik dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 21,290.00.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan indeks Hang Seng untuk perdagangan selanjutnya berpotensi menguat dengan potensi kenaikan indeks Shanghai yang diperkirakan data Manufaktur bulan April diindikasikan menguat. Namun juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah yang dapat mempengaruhi pergerakan bursa Hong Kong. Indeks Hang Seng diperkirakan akan bergerak di kisaran Support 20.329-19.832 dan kisaran Resistance 21.372-21.869.

 

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here