Aktifitas Manufaktur Zona Eropa Naik Dua Bulan Berturut

699

Aktifitas sektor manufaktur zona euro naik pada awal kuartal kedua, sekalipun tingkat ekspansi mereda untuk produksi dan masuknya pesanan baru. Kabar cerah diberikan pada pekerjaan dan harga, pertumbuhan lapangan kerja memperoleh momentum dan tekanan deflasi dimoderasi.

Hasil Markit Final zona euro Manufacturing PMI berdetak lebih tinggi untuk bulan kedua berturut-turut, membukukan kenaikan pada 51,7. Hasil ini di atas bulan Maret pada 51,6, sebelumnya kilasan perkiraan 51,5 dan survey rata-rata jangka panjang dari 51,4. namun angka itu tetap di antara yang paling lemah terdaftar selama tahun lalu.

euro-area-manufacturing-pmi

Dari enam negara yang datanya tersedia bulan April (Irlandia diterbitkan pada tanggal 3 Mei dan Yunani pada 4 Mei), tercatat lima ekspansi sesuai dengan masing-masing bacaan PMI mereka.

Italia dan Spanyol melihat pertumbuhan tercepat. Belanda dan Austria membukukan ekspansi yang moderat, meskipun lebih lemah dari pada bulan sebelumnya. Sementara itu PMI Jerman naik ke level tertinggi tiga bulan, tetapi tetap di bawah setengah dari peringkat pertumbuhan PMI.

Prancis tetap di wilayah kontraksi pada bulan April sebagai PMI tergelincir 12- bulan. Prancis melihat pesanan baru dan produksi jatuh pada tarif curam masing-masing sejak Februari 2015 dan April 2015.

Lemahnya permintaan domestik dikombinasikan dengan penurunan terburuk dalam pesanan ekspor baru selama lebih dari tiga tahun. Meskipun pertumbuhan baik produksi manufaktur zona euro dan pesanan baru yang lebih lambat dari pada bulan Maret, tren dalam bisnis ekspor baru sedikit membaik.

Jerman, Italia dan Spanyol semua melihat keuntungan kuat dalam bisnis ekspor baru. Peningkatan mantap juga terdaftar di Belanda.

Hal ini mendorong perusahaan untuk meningkatkan kerja untuk dua puluh bulan berturut-turut. Pertumbuhan pekerjaan dipercepat ke tingkat tertinggi sejak Januari, didukung oleh peningkatan lapangan kerja di hampir semua negara yang tercakup dalam survei. Satu-satunya pengecualian adalah Perancis, yang melihat tingkat staf menurun untuk bulan kedua berturut-turut.

 

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here