Awal Bursa Eropa 2 Mei Bergerak Positif Mencermati Perkembangan Emiten

345

Bursa Saham Eropa diperdagangkan positif pada awal perdagangan hari Senin (02/05) setelah pasar Asia jatuh ke zona negatif.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 berada di sekitar garis datar.

Indeks FTSE London ditutup untuk libur publik.

Indeks DAX berada pada posisi 10.146,67, naik 107,70 poin atau 1,07%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.451,30, naik 22,34 poin atau 0,50%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 9.088,20, naik 62.50 poin atau 0,69%

Pasar saham Asia, berakhir turun pada hari Senin. Indeks Jepang Nikkei anjlok sebanyak 4 persen pada awal perdagangan sebagai eksportir utama turun tajam, dengan saham Toyota turun 4,55 persen, Nissan turun 5,13 persen dan Honda turun 4,73 persen di tengah penguatan yen.

Saham Australia juga turun tergenjal pelemahan saham perbankan; saham ANZ turun 3,13 persen, Commonwealth Bank of Australia turun 2,64 persen dan National Australia Bank turun 2,57 persen.

Pasar di Tiongkok, Hong Kong, Taiwan, Singapura dan Malaysia ditutup untuk hari libur umum dan perdagangan bisa lebih tipis di Eropa dengan hari libur di Inggris, Irlandia, Yunani dan Rusia.

Saham otomotif secara luas lebih tinggi setelah beberapa data positif bagi sektor ini. Pendaftaran mobil baru Perancis naik 7,1 persen tahun-ke-tahun pada bulan April. Perusahaan mobil asing termasuk BMW, Fiat Chrysler dan Daimler melakukan sangat baik, membantu mendorong saham naik lebih tinggi. Investor juga menunggu laporan penghasilan dari Ferrari di hari berikutnya.

Di tempat lain di sektor ini, laporan Reuters, Jumat mengatakan bahwa Fiat dan Google semakin dekat dengan penandatanganan kemitraan mobil driverless.

Saham Deutsche Bank diperdagangkan melemah tajam setelah pengawas Financial Conduct Authority (FCA) Inggris mengatakan pemberi pinjaman Jerman memiliki kegagalan “serius” dan “sistemik” dalam kontrol terhadap pencucian uang, pendanaan teroris dan sanksi, menurut Financial Times. Dalam sebuah pernyataan, Deutsche Bank mengatakan itu sesuai dengan peraturan.

Intesa Sanpaolo mengatakan pada hari Senin telah setuju untuk menjual unit Setefi dan Intesa Sanpaolo Card Payment kepada konsorsium pembeli senilai 1,04 miliar ($ 1,2 milyar), namun saham berada di teritori negatif.

Bank Italia tertekan setelah cash call dengan Banca Popolare di Vicenza akhirnya menjadi sebuah kegagalan. Bank sedang mencari untuk meningkatkan € 1500000000 dengan menerbitkan saham tetapi mengatakan pada akhir pekan bahwa investor hanya menempatkan pesanan untuk 7,7 persen saham, yang mendasari sentimen negatif terhadap sektor perbankan Italia. Dana baru Italia Atlante, yang seharusnya bertindak sebagai pagar untuk bank, telah melangkah untuk membeli sisa saham.

Banca Monte dei Paschi di Siena turun lebih dari 7 persen sementara Banca Popolare di Milano juga jauh di dalam wilayah negatif.

Dalam berita bisnis, Halliburton dan Baker Hughes ditetapkan untuk berpisah setelah gagal dalam merger mereka senilai $ 35 miliar. Kesepakatan itu telah menghadapi hambatan regulasi yang sulit.

Sore ini telah dirilis data Manufacturing PMI Eropa bulan April yang mencatatkan hasil 51.7, naik dari ekpektasi ekonom pada 51.5, juga naik dari hasil sebelumnya pada 51.6.

Malam nanti akan disampaikan pidato dari Presiden ECB, Mario Draghi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pidato dari Mario Draghi, yang jike memberikan sentimen positif akan menguatkan bursa Eropa. Namun juga akan mencermati pergerakan bursa global, harga minyak mentah dan laporan laba emiten kuartal pertama, yang jika mengecewakan akan dapat menekan bursa Eropa.

 

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here